Advertisement

Viral Stadion Maguwoharjo Hujan Sebagian, Lor Udan Kidul Terang

Bernadheta Dian Saraswati
Selasa, 08 November 2022 - 15:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Viral Stadion Maguwoharjo Hujan Sebagian, Lor Udan Kidul Terang Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Belum lama ini sebuah video hujan di kawasan Stadion Maguwoharjo, Sleman viral di TikTok. Video yang diunggah akun Fajar Cahaya Surga itu masuk Fyp atau for your page karena menunjukkan hujan yang dianggap tidak biasa. 

Hujan yang terlihat dalam video hanya sebagian yakni halaman stadion sisi utara, sementara sisi selatan tersisa rintik-rintik yang hampir reda atau terang. Perbedaan dua wilayah yang hujan dan yang reda sangat terlihat jelas. Hujan yang deras di sisi utara sampai memancarkan warna putih karena saking derasnya hujan yang jatuh di wilayah itu. 

Advertisement

Sementara di sisi selatannya, aspal hitam halaman stadion terlihat jelas karena tidak tergenang air hujan. Bagian halaman stadion yang hujan dan yang reda pun seperti dibelah sebuah garis. 

"Udane lucu, separo, lor tok, kidul ora. Iki kepiye Sri? Udane kok mung lor stadion ki [Hujannya luxu, separuh, utara saja, selatan tidak. Ini bagaimana Sri? Hujannya kok cuma utara stadion]," kata seseorang yang suaranya muncul dalam video itu. 

Baca juga: Rekomendasi Film dan Serial yang Diadaptasi dari Buku, Bisa Ditonton di Netflix

Menanggapi fenomena itu, Romadi selaku Analisis dan Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) DIY menjelaskan bahwa hal itu biasa terjadi dan bukan fenomena yang aneh atau langka. Fenomena itu terjadi karena awan hujan hanya berada di sebagian wilayah saja. 

"Kalau dalam video tadi [video di TikTok] ujannya hanya di sebelah utara berarti awannya hanya ada di sebelah utaranya stadion," jelasnya kepada Harianjogja.com, Selasa (8/11/2022). 

Hujan bisa berkembang mengikuti arah angin. "Kalau anginnya ke selatan nanti hujannya akan bergerak ke selatan. Namun bisa juga awannya tidak bergerak atau statis di utara stadion, namun hujannya yang terbawa oleh angin. Itu hal yang biasa," kata Romadi. 

Hal itu sama dengan saat kita menaiki kendaraan dan melintasi dua wilayah yang berbeda. Wilayah yang satu hujan dan wilayah terdekatnya kering. 

Menurut Romadi fenomena hujan di Stadion Maguwoharjo itu bukan termasuk fenomena hujan lokal. "Hujan lokal itu disebabkan karena topografi di suatu wilayah misalnya Sleman Utara banyak bukit sehingga hujan hanya di wilayah itu saja," jelas dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Gorontalo

News
| Kamis, 25 April 2024, 04:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement