Advertisement

Dua Pesawat Delegasi Argentina dan Arab Saudi Pilih Parkir di Bandara YIA

Newswire
Selasa, 15 November 2022 - 16:27 WIB
Jumali
Dua Pesawat Delegasi Argentina dan Arab Saudi Pilih Parkir di Bandara YIA Dua pesawat berbadan besar milik delegasi KTT Presidensi G20 Indonesia dari Argentina dan Arab Saudi parkir di Bandara Internasional Yogyakarta - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO -- Dua pesawat berbadan besar milik delegasi KTT Presidensi G20 Indonesia dari Argentina dan Arab Saudi melakukan parkir di Bandara Internasional Yogyakarta, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, sejak Senin (14/11/2022).

BACA JUGA : Pesawat Delegasi KTT G20 Pilih Parkir di YIA

Advertisement

PTS Airport Operation, Services, and Security Senior Manager Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), Rahmat Febrian Syahrani mengatakan pesawat milik delegasi dari Argentina tiba di Bandara Internasional Yogyakarta pada Senin (14/11) dan Arab Saudi tiba Selasa pagi.

Bandara Internasional Yogyakarta posisinya sebagai pendukung pelaksanaan G20 di Bali. Di mana, YIA menyediakan tempat parkir dengan jumlah tiga pesawat berbadan besar atau enam pesawat berbadan kecil.

"Sampai saat ini, sudah ada dua pesawat berbadan besar yang mendarat di YIA dari Argentina dan Arab Saudi untuk delegasi dan presiden," kata Rahmat Febrian Syahrani, Selasa (15/11/2022).

Ia mengatakan untuk itu mendukung KTT Presidensi G20 Indonesia di Bali yang akan dilaksanakan pada 12-16 November 2022, YIA melakukan penyesuaian jam operasional yang semula 15 jam operasional pada 06.00 WIB - 21.00 WIB, khusus pada 11-18 November 2022, jam operasional YIA disesuaikan menjadi 24 jam.

"Setelah pelaksanaan G20 selesai, jam operasional YIA kembali ke jam operasional yang sebelumnya dari 06.00 WIB - 21.00 WIB," tuturnya.

Sebelumnya, General Manager Bandara Internasional Yogyakarta Agus Pandu Purnama mengatakan Bandara Internasional Yogyakarta menjadi salah satu dari sembilan bandara kelolaan PT Angkasa Pura I yang mendukung KTT Presidensi G20 Indonesia sudah siap memberikan pelayanan, baik seluruh personel dan fasilitas layanan di bandara.

"Kami siap mendukung penuh kelancaran KTT Presidensi G20 Indonesia di mana YIA ditunjuk sebagai bandara pendukung. YIA telah menyediakan tiga parking stand wide body atau enam parking stand narrow body yang
khusus diperuntukkan sebagai penggunaan parkir pesawat delegasi KTT Presidensi G20 Indonesia," ujar Agus Pandu Purnama.

Ia juga memastikan dan berkolaborasi bersama seluruh pemangku kepentingan untuk memenuhi kesiapan personel dan fasilitas penunjang yang menjamin pelayanan dan keamanan penerbangan dan operasional.

Dari segi personel, Bandara YIA telah menyiagakan kesiapan 399 orang personel internal dan 15 orang personel eksternal yang merupakan gabungan TNI dan Polri.

Selain itu, juga dengan personel custom, immigration, and quarantine (CIQ). Seluruh personel dari pemangku kepentingan terkait juga disiagakan dalam pelaksanaan Posko Monitoring KTT Presidensi G20 Indonesia yang berlokasi di SCCR area lobby keberangkatan YIA mulai tanggal 10-20 November 2022.

Agus Pandu Purnama juga memastikan seluruh fasilitas penunjang juga dipastikan telah siap mendukung seluruh kebutuhan dan kelancaran operasional selama kegiatan berlangsung. Kesiapan kendaraan dan fasilitas Airport Rescue and Fire Fighting (ARFF) YIA yang saat ini berada di kategori 8 disiapkan dengan optimal.

"Kami akan memastikan seluruh komunikasi dan kolaborasi antar instansi dapat berjalan dengan baik, sehingga operasional berlangsung aman dan nyaman," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement