Advertisement

Jubah Macan Sukses Tampilkan Teater tentang Kesetiaan

Media Digital
Jum'at, 18 November 2022 - 11:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Jubah Macan Sukses Tampilkan Teater tentang Kesetiaan Penampilan teater Jubah Macan. - Ist

Advertisement

JOGJA-SMA N 3 Yogyakarta pada tahun 2022 ini, kembali mengadakan Pentas Rakyat (PERAK) yang sempat hiatus kurang lebih selama 2 tahun akibat pandemi Covid-19. Pentas ini digelar pada hari Sabtu, 19 November 2022, di Lapangan Bola SMA N 3 Yogyakarta dan terbuka untuk umum tanpa pungutan biaya.

Sebuah pentas rakyat karya siswa siswi SMA Negeri 3 Yogyakarta yang berjudul “JayaRatih” yang bertemakan Kesetiaan antara Kamajaya dan Kamaratih ini dibalut dengan unsur humor, romantis, aksi, dan lebih banyak lagi.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Pentas rakyat ini merupakan agenda tahunan SMA N 3 Yogyakarta dalam rangka melaksanakan program kerja OSIS SMA N 3 Yogyakarta periode 2022/2023 dan kerjasama dengan Teater Jubah Macan (JM). Salah satu tujuan diadakannya Pentas Rakyat ini adalah sebagai wujud apresiasi generasi muda terhadap pertunjukan teater.

Seluruh warga SMA N 3 Yogyakarta turut berkontribusi dalam menyukseskan acara Pentas Rakyat ini. Banyak siswa siswi yang bekerjasama dalam proses produksi pementasan ini.

Target penonton pada pentas rakyat ini adalah warga sekitar sekolah karena Pentas Rakyat ini merupakan pentas hiburan yang didedikasikan kepada warga sekitar. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan bahwa banyak kalangan masyarakat yang dapat hadir pada pentas ini.

Terdapat banyak keunikan pada PERAK tahun ini, di antaranya, menceritakan kisah pewayangan Kamajaya dan Kamaratih, yang jarang diangkat, tetapi memiliki kandungan makna yang mendalam mengenai kesetiaan, adanya kombinasi dengan komedi yang berisi lelucon dan kritik sosial yang berhubungan dengan masalah-masalah terkini, terdapat dekoran obor api yang menyala memutari lapangan, dan tentunya terdapat stand makanan gratis untuk pengunjung.

"Kami berharap, dengan adanya pementasan ini, masyarakat dapat lebih mengenal dan melestarikan kebudayaan Indonesia khususnya budaya Jawa lebih luas lagi karena Pentas Rakyat (PERAK) mengangkat kebudayaan Indonesia pada latar tahun 1400-an, terutama kebudayaan Jawa, seperti penggunaan gamelan sebagai musik dan Bahasa Jawa sebagai bahasa dalam beberapa dialog," kata Kenny Alviano Surya Atmaja selaku Humas Pentas Rakyat dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Jumat (18/11/2022). 

Seni teater dengan alunan nada musik Jawa siap menemani masyarakat Yogyakarta pada 19 November nanti.
Adapun Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui IG : @eventpadz @jubahmacan. *

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Korpri Diharapkan Jadi Akselerator

Korpri Diharapkan Jadi Akselerator

Jogjapolitan | 1 hour ago

Advertisement

Advertisement

UMK Jogja 2023 Diumumkan 6 Desember

UMK Jogja 2023 Diumumkan 6 Desember

Jogjapolitan | 4 hours ago
Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PLN Tanam 19.000 Pohon Peringati Hari Menanam Pohon Indonesia 2022

News
| Selasa, 29 November 2022, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Masangin Alkid, Tembus Dua Beringin Bakal Bernasib Mujur

Wisata
| Selasa, 29 November 2022, 15:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement