Advertisement

Kelompok Informasi Masyarakat Jadi Garda Terdepan Tangkal Hoaks

Media Digital
Rabu, 23 November 2022 - 02:27 WIB
Budi Cahyana
Kelompok Informasi Masyarakat Jadi Garda Terdepan Tangkal Hoaks Forum Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Kelurahan Suryodiningratan, Selasa (22/11/2022). - Harian Jogja

Advertisement

JOGJA—Hoaks atau informasi bohong masih ditemukan dalam masyarakat. Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfo) Kota Jogja membentuk Forum Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) untuk menangkal berita bohong tersebut.

Dalam Forum KIM, Anton Wahyu Prihartono, Pemimpin Redaksi Harian Jogja menyampaikan hoaks biasanya dibuat untuk menyebar kebencian, dan menimbulkan permusuhan di masyarakat.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Anton mencontohkan sejumlah kejadian tersulutnya emosi masyarakat karena hoaks. Anton mengimbau masyarakat untuk waspada dalam menerima informasi. "Kita harus hati-hati dalam menerima informasi dari barang kecil ini [telepon genggam]. Tolong cermati dan jangan buru buru menyebarkan," kata Anton, dalam Forum KIM di Kelurahan Suryodiningratan, Selasa (22/11/2022).

Untuk dapat memilah informasi yang terpercaya, Anton mengimbau masyarakat untuk mendapatkan informasi dari sumber resmi maupun media yang kredibel. "Pastikan mendapat informasi dari website atau link resmi," katanya. Ia juga menyebutkan beberapa media massa yang dapat dipertanggungjawabkan.

Menurut Anton,berita yang diterbitkan wartawan dapat dipertanggungjawabkan karena telah diverifikasi dan mentaati aturan pemberitaan.

Dengan adanya KIM, Anton berharap menjadi garda terdepan untuk menangkal hoaks. "KIM yang diinisiasi diskominfo sangat bagus sekali. Dapat menjadi benteng hoax, disinformasi," Kata Anton.

Ia juga menghimbau masyarakat menyebarkan informasi yang positif, dan bermanfaat. "Mari kita lebih cermat lebih teliti, jangan sampai kita menyebarkan berita hoaks," kata Anton.

Triyono Hari Kuncoro, Anggota DPRD Kota Jogja juga menghimbau masyarakat untuk membaca berita dari sumber kredibel. "Diharapkan [masyarakat] dapat menyalurkan informasi yang benar dan positif, informasi yang dapat merubah cara pandang masyarakat jadi positif," katanya.

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dubes AS Kritik KUHP Soal Zina: Bisa Pengaruhi Hubungan RI-AS

News
| Kamis, 08 Desember 2022, 04:27 WIB

Advertisement

alt

Jalan Layang Paling Membingungkan di Dunia, Perlu 10 Menit Keluar Kalau Salah Jalur

Wisata
| Rabu, 07 Desember 2022, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement