Advertisement

Anugerah Media Humas 2022, DIY Borong 4 Piala

Media Digital
Jum'at, 25 November 2022 - 14:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Anugerah Media Humas 2022, DIY Borong 4 Piala Wiyos Santoso, Plh Asisten Sekretariat Daerah DIY Bidang Perekonomian dan Pembangunan (kanan) menerima salah satu penghargaan AMH 2022 untuk Pemda DIY. - Ist

Advertisement

JOGJA-DIY kembali meraih penghargaan Anugerah Media Humas (AMH) tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Terhitung sudah 4 tahun sejak tahun 2019 hingga saat ini, DIY tidak pernah absen meraih penghargaan AMH dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

Tahun ini, 4 kategori penghargaan berhasil diraih DIY dari total 6 kategori yang diperebutkan pada AMH 2022. Penghargaan terbaik ke-2 kategori siaran pers, terbaik ke-2 penerbitan media internal (Inhouse Magazine), terbaik ke-2 kampanye komunikasi publik, dan terbaik ke-3 kategori media sosial menjadi deretan prestasi DIY tahun ini. Penghargaan diterima oleh Plh. Asisten Sekretariat Daerah DIY Bidang Perekonomian dan Pembangunan Wiyos Santoso, di Hotel Marriott Yogyakarta, Kamis (24/11/2022).  

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Seperti diketahui, Anugerah Media Humas yang diselenggarakan tahunan ini merupakan ajang yang cukup bergengsi dari Kemenkominfo RI untuk mengapresiasi insan humas. Apresiasi diberikan setinggi-tingginya terhadap komunikasi publik serta kehumasan kementerian/lembaga, BUMN, BUMD, perguruan tinggi, dan pemerintah daerah.

Menteri Komunikasi dan Informatika, RI Jhonny Gerard Plate mengatakan, humas pemerintah itu menjadi salah satu jembatan komunikasi program kerja pemerintah kepada masyarakat, membangun citra pemerintah serta menampung aspirasi publik. Cepatnya persebaran informasi saat ini memang sangat dibutuhkan peran dari Government Public Relations (GPR) atau humas pemerintah untuk dapat menyediakan informasi yang akurat serta aktual bagi masyarakat, mengingat banyaknya isu-isu hoaks yang menyebar.

“GPR ini mempunyai peran sentral dalam diseminasi informasi bagi masyarakat. Peran utama GPR inilah dianggap sebagai jembatan komunikasi pogram kerja pemerintah kepada masyarakat,” ucap Jhonny dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Jumat (25/11/2022).

Peran humas pemerintah saat ini menjadi sangat penting, dimana humas bertanggung jawab dalam mentranslasikan kebijakan serta informasi pemerintah agar nantinya dapat tersampaikan dengan baik informasi tersebut kepada masyarakat. Maka dari itu, humas pemerintah ini diharapkan dapat mengedukasi serta mengarahkan masyarakat untuk memilih sumber informasi yang terpercaya.

Jhonny menjelaskan bahwa kehumasan yang berpusat pada pengalaman manusia atau humanisme menjadi penting untuk selalu dikedepankan melihat berbagai tanggung jawab dan fungsi yang dimiliki oleh GPR. “Secara filosofis kehumasan menjadi tulang punggung bagi pemerintah baik pusat maupun daerah, BUMN, dan BUMD dalam proses komunikasi, klarifikasi, dan edukasi, terlebih tantangan ke depan yang akan semakin beragam dan tak terprediksi,” tegas Menteri Jhonny.

Di sisi lain, ditemui usai acara, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika DIY Hari Edi Tri Wahyu Nugroho mengatakan penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi pemerintah pusat atas berbagai aktivitas kehumasan Pemda DIY. Dengan penghargaan yang sudah diraih, dapat meneguhkan kehumasan Pemda DIY dari segala lini kehumasan. “Empat penghargaan yang diraih meneguhkan kita dari segala lini kehumasan, walaupu tahun ini kita belum ada yang meraih di posisi ke satu,” ujar Wahyu.

Advertisement

“Saya berharap ke depannya perlu ditingkatkan lagi terkait dengan kehumasan di Pemda DIY serta perlunya kolaborasi antar semua organisasi perangkat daerah [OPD]. Tidak lupa juga untuk meningkatkan komunikasi publik Pemda DIY ke masyarakat terkait dengan keberhasilan-keberhasilan yang telah diraih,” imbuh Wahyu.*

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Cek Sederet Situs Live Streaming Gratis untuk Nonton Piala Dunia 2022

News
| Sabtu, 26 November 2022, 23:17 WIB

Advertisement

alt

Unik! Hindari Bajak Laut, Rumah di Pulau Ini Dibangun di Bawah Batu Raksasa

Wisata
| Sabtu, 26 November 2022, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement