Advertisement

Anugerah Media Humas 2022, DIY Borong 4 Piala

Media Digital
Jum'at, 25 November 2022 - 14:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Anugerah Media Humas 2022, DIY Borong 4 Piala Wiyos Santoso, Plh Asisten Sekretariat Daerah DIY Bidang Perekonomian dan Pembangunan (kanan) menerima salah satu penghargaan AMH 2022 untuk Pemda DIY. - Ist

Advertisement

JOGJA-DIY kembali meraih penghargaan Anugerah Media Humas (AMH) tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Terhitung sudah 4 tahun sejak tahun 2019 hingga saat ini, DIY tidak pernah absen meraih penghargaan AMH dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

Tahun ini, 4 kategori penghargaan berhasil diraih DIY dari total 6 kategori yang diperebutkan pada AMH 2022. Penghargaan terbaik ke-2 kategori siaran pers, terbaik ke-2 penerbitan media internal (Inhouse Magazine), terbaik ke-2 kampanye komunikasi publik, dan terbaik ke-3 kategori media sosial menjadi deretan prestasi DIY tahun ini. Penghargaan diterima oleh Plh. Asisten Sekretariat Daerah DIY Bidang Perekonomian dan Pembangunan Wiyos Santoso, di Hotel Marriott Yogyakarta, Kamis (24/11/2022).  

Advertisement

Seperti diketahui, Anugerah Media Humas yang diselenggarakan tahunan ini merupakan ajang yang cukup bergengsi dari Kemenkominfo RI untuk mengapresiasi insan humas. Apresiasi diberikan setinggi-tingginya terhadap komunikasi publik serta kehumasan kementerian/lembaga, BUMN, BUMD, perguruan tinggi, dan pemerintah daerah.

Menteri Komunikasi dan Informatika, RI Jhonny Gerard Plate mengatakan, humas pemerintah itu menjadi salah satu jembatan komunikasi program kerja pemerintah kepada masyarakat, membangun citra pemerintah serta menampung aspirasi publik. Cepatnya persebaran informasi saat ini memang sangat dibutuhkan peran dari Government Public Relations (GPR) atau humas pemerintah untuk dapat menyediakan informasi yang akurat serta aktual bagi masyarakat, mengingat banyaknya isu-isu hoaks yang menyebar.

“GPR ini mempunyai peran sentral dalam diseminasi informasi bagi masyarakat. Peran utama GPR inilah dianggap sebagai jembatan komunikasi pogram kerja pemerintah kepada masyarakat,” ucap Jhonny dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Jumat (25/11/2022).

Peran humas pemerintah saat ini menjadi sangat penting, dimana humas bertanggung jawab dalam mentranslasikan kebijakan serta informasi pemerintah agar nantinya dapat tersampaikan dengan baik informasi tersebut kepada masyarakat. Maka dari itu, humas pemerintah ini diharapkan dapat mengedukasi serta mengarahkan masyarakat untuk memilih sumber informasi yang terpercaya.

Jhonny menjelaskan bahwa kehumasan yang berpusat pada pengalaman manusia atau humanisme menjadi penting untuk selalu dikedepankan melihat berbagai tanggung jawab dan fungsi yang dimiliki oleh GPR. “Secara filosofis kehumasan menjadi tulang punggung bagi pemerintah baik pusat maupun daerah, BUMN, dan BUMD dalam proses komunikasi, klarifikasi, dan edukasi, terlebih tantangan ke depan yang akan semakin beragam dan tak terprediksi,” tegas Menteri Jhonny.

Di sisi lain, ditemui usai acara, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika DIY Hari Edi Tri Wahyu Nugroho mengatakan penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi pemerintah pusat atas berbagai aktivitas kehumasan Pemda DIY. Dengan penghargaan yang sudah diraih, dapat meneguhkan kehumasan Pemda DIY dari segala lini kehumasan. “Empat penghargaan yang diraih meneguhkan kita dari segala lini kehumasan, walaupu tahun ini kita belum ada yang meraih di posisi ke satu,” ujar Wahyu.

“Saya berharap ke depannya perlu ditingkatkan lagi terkait dengan kehumasan di Pemda DIY serta perlunya kolaborasi antar semua organisasi perangkat daerah [OPD]. Tidak lupa juga untuk meningkatkan komunikasi publik Pemda DIY ke masyarakat terkait dengan keberhasilan-keberhasilan yang telah diraih,” imbuh Wahyu.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement