Advertisement

Smaradahana Jogja Exhibition KUKM 2022, Dorong Koperasi Menuju Modern

Media Digital
Sabtu, 03 Desember 2022 - 13:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Smaradahana Jogja Exhibition KUKM 2022, Dorong Koperasi Menuju Modern Suasana penyelenggaraan Smaradahana Jogja Exhibition KUKM 2022, 3 sampai 4 Desember di Taman Pintar. - Harian Jogja/Yosef Leon Pinsker

Advertisement

JOGJA—Dalam rangka memperingati hari jadi koperasi yang ke-75, Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM Kota Jogja berupaya memberdayakan dan mengajak keanggotaan koperasi untuk bertransformasi sesuai dengan perkembangan zaman. Upaya itu dilakukan dengan program Semarak Pesona Penuh dengan Cinta untuk Koperasi dan UKM Kota Jogja atau Smaradahana Jogja Exhibition KUKM 2022, 3 sampai 4 Desember di Taman Pintar. 

Kepala Dinkop UKM Jogja, Tri Karyadi Riyanto mengatakan, Smaradahana Jogja Exhibition KUKM 2022 merupakan acara yang diselenggarakan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas koperasi di wilayah setempat. Acara ini dikemas dengan pameran UKM dan gelar wicara guna mendorong koperasi bertransformasi sesuai dengan perkembangan teknologi dan menggaet lebih banyak kaum muda untuk bergabung. 

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

"Ada 22 peserta yang ikut serta dalam pameran ini yakni 10 UKM dengan 12 koperasi yang dua diantaranya merupakan percontohan pengelolaan koperasi modern," kata Totok, saat membuka acara pada Sabtu (3/12/2022). 

Menurutnya, selama dua hari penyelenggaraannya acara ini akan fokus pada upaya untuk mengajak koperasi di Kota Jogja bertransformasi ke arah yang modern. Pihaknya juga berharap bahwa semakin banyak generasi muda yang nantinya tertarik untuk terjun ke sektor koperasi. Smaradahana Jogja Exhibition KUKM 2022 juga dikemas dengan berbagai macam hiburan dan perlombaan yang bisa diikuti oleh masyarakat dan organisasi perangkat daerah. 

"Dengan begitu masyarakat dan perangkat daerah tertarik untuk datang dan berpartisipasi dalam lomba sekaligus mengenal koperasi dalam acara ini," katanya.

Totok menjelaskan, saat ini baru ada dua koperasi modern yang ada di Jogja dan siap untuk spin off. Keduanya yakni koperasi Mageri Urip dan Koperasi Karyawan Margaria yang pengelolaan dan aktivitasnya telah disesuaikan dengan digitalisasi. Profil kedua koperasi itu juga ditayangkan secara singkat saat pembukaan acara untuk memberikan informasi kepada koperasi lain yang ingin mengadopsi perangkat teknologi informasi dalam layanannya. 

"Transformasi kepada koperasi modern ini juga sesuai dengan arahan presiden pada 202r mendatang. Makanya kita targetkan bahwa sampai 2024 harus ada tujuh koperasi di Jogja yang bentuk dan pengelolaannya sudah modern," kata dia.

Penjabat Walikota Jogja Sumadi menyampaikan, keberadaan UKM dan koperasi sebagai penggerak perekonomian tidak diragukan lagi peranannya. Hal ini sudah terbukti pada pandemi Covid-19 lalu dimana pertumbuhan ekonomi berbagai daerah mengalami minus dan Kota Jogja dengan eksistensi UKM dan koperasinya mampu mengalami pertumbuhan ekonomi yang positif. 

"Selama pandemi ini UKM dan koperasi sudah mampu menjaga eksistensinya yang siap beradaptasi dengan segala macam tantangan dan hambatan. Semangat yang bagus bahwa UKM dan koperasi kita bertahan dengan baik," jelasnya. 

Sumadi menambahkan, peringatan hari koperasi ke-75 ini harus menjadi momentum untuk membangkitkan semangat pengelolaan koperasi yang profesional dan jadi soko guru perekonomian. Koperasi dituntut agar lebih adaptif dengan perkembangan zaman kalau tidak mau tertinggal. Pihaknya mengaku siap memfasilitasi anggota koperasi dan UKM untuk meningkatkan layanan ke arah digital dengan berbagai macam pelatihan, pembinaan dan edukasi. 

"Kami selalu mengajak kepada seluruh warga untuk menggaungkan semangat ayo membangun koperasi dengan aksi nyata lewat nilai dan konsep koperasi yang lebih integritas, etos kerja tinggi serta gotong royong," pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Update Covid 5 Februari 2023: Kasus Positif Naik 171, Sembuh 181 & Meninggal 1

News
| Minggu, 05 Februari 2023, 23:17 WIB

Advertisement

alt

Simak! Ini 10 Gunung Termegah di Dunia

Wisata
| Minggu, 05 Februari 2023, 22:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement