Advertisement

Ratusan UMKM Sleman Dilatih Digital Marketing

Anisatul Umah
Minggu, 04 Desember 2022 - 08:57 WIB
Bhekti Suryani
Ratusan UMKM Sleman Dilatih Digital Marketing Acara Workshop dan Bimtek Digital Marketing di rumah dinas Bupati Sleman, Sabtu (3/12/2022) - Dok Pemkab Sleman. 

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Sebanyak 200 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Sleman mengikuti acara Workshop dan Bimtek Digital Marketing di rumah dinas Bupati Sleman, Sabtu (3/12/2022). Melalui kegiatan ini diharapkan UMKM Sleman bisa go digital.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sleman, Haris Martapa mengatakan 200 pelaku UMKM ini sebelumnya telah mendapatkan pelatihan dari Dinas Koperasi dan UKM Sleman bekerjasama dengan Koperasi Sasuka Online Indonesia pada 16-19 November 2022.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

"Koperasi Sasuka ini merupakan satu-satunya koperasi milik kami yang sudah go nasional di bidang digitalisasi. Kemudian ditangani oleh anak-anak muda. Maka kita kolaborasi dengan koperasi Sasuka untuk membangun Sleman lewat digitalisasi terutama nanti untuk UMKM dan Koperasi," ucapnya.

BACA JUGA: Cetak Sejarah! Kamerun Jadi Negara Afrika Pertama yang Kalahkan Brazil

Selain itu, Dinas Koperasi juga telah membuatkan website bagi 200 pelaku UMKM peserta Bimtek. Selanjutnya, selama satu tahun ke depan UMKM ini akan diberikan pendampingan.

"Saat ini yang sudah tercatat UMKM kita untuk bergerak digitalisasi untuk penjualan ada 37.900 UMKM. Kalau dengan yang belum tercatat sudah mencapai angka sekitar 59.000. Jadi hampir 60.000 kurang sedikit," jelasnya.

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo menyampaikan apresiasi dan mendukung upaya digitalisasi terhadap UMKM di Sleman. Melalui digitalisasi, kata Kustini, peluang bagi UMKM mengenalkan produknya semakin terbuka lebar.

Upaya digitalisasi ini juga telah didukung oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman dengan memberikan akses wifi gratis di seluruh padukuhan. Sehingga internet sudah bisa diakses di seluruh wilayah Sleman.

Kepada pelaku UMKM Kustini berpesan untuk terus menjaga kualitas produknya. Mulai dari pengemasan, rasa [untuk produk makanan], hingga strategi pemasaran yang baik. Sehingga produk-produk UMKM Sleman mampu bersaing di pasaran.

"Saya berharap setelah ikut bimtek ini, para peserta ini harus bisa membuat inovasi-inovasi baru, harus berani mencoba dan terus mencoba."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tidak Ada Lagi Mie Setan dan Iblis, Ini Daftar Menu Baru Mie Gacoan

News
| Jum'at, 03 Februari 2023, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Pemugaran Candi Perwara Prambanan Bakal Tambah Daya Tarik Wisatawan

Wisata
| Jum'at, 03 Februari 2023, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement