Advertisement

Pengusaha Papan Bunga Laris Manis Dampak Pernikahan Kaesang

Yosef Leon
Rabu, 07 Desember 2022 - 15:57 WIB
Budi Cahyana
Pengusaha Papan Bunga Laris Manis Dampak Pernikahan Kaesang Pelaku usaha penyewaan papan bunga di Kotabaru, Gondokusuman menunjukkan sejumlah pesananan papan bunga yang telah dirangkai, Rabu (7/12/2022). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pelaku usaha penyewaan papan bunga di Jogja kebanjiran order menjelang hari pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep. Banyak pejabat, tokoh publik, dan perusahaan memesan papan bunga sebagai ucapan selamat. 

Sentra usaha penyewaan papan bunga yang berlokasi di Jalan Ahmad Jazuli Kotabaru, Gondokusuman, pun ramai pesanan. Sejumlah pesanan papan bunga dari para menteri dan pejabat publik sudah dirangkai dan disiapkan di tempat itu.  

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Pemilik Toko Bunga Ratnasari, Yuli Santoso, menjelaskan sejumlah pesanan dari para menteri mulai berdatangan ke tempatnya untuk ucapan selamat atas pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. Usaha papan bunganya memang kerap jadi langganan para pejabat saat ada acara penting. 

"Untuk pesanan memang sudah ada yang masuk beberapa, sementara ini baru dari tingkat menteri," katanya, Rabu (7/12/2022). 

Yuli menyebut lantaran acara pernikahan digelar di dua lokasi yakni Solo dan Jogja, kemungkinan pesanan dari kalangan DPR dan perusahaan datang pada H-1 acara. Tempatnya sudah jadi langganan dari para menteri dan pejabat pusat. 

"Mungkin H-1 orderan akan jauh lebih banyak. Kalau menteripastinya lebih cepat tapi perusahaan dan yang lain kan masih bingung antara kirim di Jogja atau Solo," ujar dia. 

Menurut Yuli, pesanan papan bunga yang datang semuanya berukuran besar dan di atas rata-rata papan bunga biasa. Ukurannya yakni 2,5 x 2 meter yang dibanderol seharga Rp1 juta sampai Rp,2,5 juta. 

"Beberapa menteri memang sudah ada yang langganan dan biasa pesan ke saya, kurang lebih 30 persen menteri ada saya pegang," katanya. 

Dia juga mengirim papan bunga ke Solo. Di Jogja papan bunga akan ditempatkan di Hotel Royal Ambarrukmo sementara di Solo akan diletakkan di Pura Mangkunegaran. 

BACA JUGA: 6.000 Undangan Bakal Menghadiri Pernikahan Kaesang Pangarep

"Nanti yang Jogja saya kirim tanggal 9 malam karena aturannya beberapa hari sebelum itu, lokasi harus steril, kalau di Solo tanggal 10 malam sudah dikirim. Yang Solo saya kirim langsung ke sana juga karena banyak yang pesan jadi nutup untuk biaya ongkos," ungkapnya. 

Yuli menambahkanpernikahan Kaesang sedikit banyak membawa berkah kepada para pelaku usaha penyewaan papan bunga. Ia mengklaim bahwa sejumlah pelaku usaha lain di kawasan sekitar juga kecipratan rezeki.

"Dampaknya ya lumayan, yang sudah langganan atau yang tidak saya rasa kedapatan semua. Pengalaman sebelumnya, yang waktu nikahan Mas Gibran dan waktu Pak Jokowi berduka, penjual bunga di Semarang, Solo, dan Jogja dapat pesanan semua," ucap dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Duh, Konsumsi Pemerintah Jadi Ganjalan Pertumbuhan Ekonomi di 2022

News
| Senin, 06 Februari 2023, 16:07 WIB

Advertisement

alt

Kunjungan Malioboro Meningkat, Oleh-oleh Bakpia Kukus Kebanjiran Pembeli

Wisata
| Senin, 06 Februari 2023, 10:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement