Advertisement

BPNB DIY Gelar Peluncuran Film untuk Kanal Budaya Indonesiana TV

Media Digital
Kamis, 08 Desember 2022 - 13:57 WIB
Jumali
BPNB DIY Gelar Peluncuran Film untuk Kanal Budaya Indonesiana TV Peluncuran film bertemakan budaya untuk konten Indonesiana TV sebagai bagian dari multichannel platform KANAL BUDAYA INDONESIANA - Ist

Advertisement

Balai Pelestarian Nilai Budaya Daerah Istimewa Yogyakarta (BPNB DIY) menggelar peluncuran film bertemakan budaya untuk konten Indonesiana TV sebagai bagian dari multichannel platform KANAL BUDAYA INDONESIANA. Program ini digawangi oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Peluncuran film diberi tajuk “Nonton Bareng, Ngobrol Gayeng” diselenggarakan di Orange Ballroom, Hotel Harris Sentraland, Semarang pada Senin, 5 Desember 2022.

Tahun ini BPNB DIY membuat empat film dengan mengangkat tema budaya Jawa berdasarkan wilayah kerjanya. Tiga film dokumenter berjudul Barong Kemiren, Garis Kehidupan, dan Bakmi: Cita Rasa Silang Budaya, serta satu film animasi Burung Merak dan Sandhanglawe yang merupakan adaptasi dari naskah kuno “Layang Dongeng Sato Kewan Sapanunggalane.”

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Dra. Dwi Ratna Nurhajarini, M.Hum. sebagai Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) BPNB DIY dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk dukungan BPNB DIY terhadap program Indonesiana TV. Tema yang diangkat dalam film tersebut sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari, serta memiliki nilai sejarah dan budaya yang kuat. Dalam kesempatan tersebut Ratna juga mengapresiasi seluruh pihak yang telah bekerja keras dalam proses pembuatan film.

Rangkaian acara dibuka oleh Ahmad Mahendra, S.Sos. selaku Direktur Perfilman, Musik, dan Media. Dalam sambutannya Mahendra sangat mengapresiasi film-film yang dibuat oleh BPNB DIY. Ia memaparkan bahwa negara mendukung perfilman Indonesia untuk terus maju berkarya melalui program-program kreatif. Kegiatan ini diharapkan mampu menginspirasi generasi muda untuk bisa mengeksplorasi nilai-nilai budaya yang ada di sekitarnya, sekaligus menstimulasi kreativitas agar bisa memajukan kebudayaan melalui media film.

Kegiatan ini diawali dengan pemutaran film dan dilanjutkan dengan bincang-bincang bersama narasumber yang terlibat dalam proses produksi film. Narasumber yang hadir antara lain Heni Wiradimaja (pengarah produksi Indonesiana TV), Adi Purwadi (budayawan, aktor film Barong Kemiren), Arief Choirul Alim (sutradara film Burung Merak dan Sandhanglawe), Fani Chotimah (sutradara film Garis Kehidupan), serta Hasbi Warga Waluya (penjual bakmi Petbun, aktor film Bakmi: Cita Rasa Silang Budaya). Selaras dengan tema kegiatan, bincang-bincang antara narasumber dengan para tamu undangan berlangsung dengan antusias dan gayeng. Acara ini dihadiri oleh undangan dari dinas terkait, komunitas budaya, komunitas film, guru, mahasiswa, dan siswa SMK dari Kota Semarang dan sekitarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ini Daftar Lengkap Daerah di Indonesia yang Wajibkan Beli BBM Subsidi Pakai MyPertamina

News
| Minggu, 05 Februari 2023, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Sungai Ini Punya Air Super Jernih, Hingga Perahu yang Melintas Seperti Melayang di Udara

Wisata
| Sabtu, 04 Februari 2023, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement