Advertisement

Wisatawan Malioboro Diajak Mengenal Permainan Tradisional Anak

Yosef Leon
Minggu, 11 Desember 2022 - 05:37 WIB
Budi Cahyana
Wisatawan Malioboro Diajak Mengenal Permainan Tradisional Anak Sejumlah wisatawan dan pengunjung Malioboro menikmati permainan tradisional anak yang disediakan dalam agenda Wisata Berbudaya Sabtu Kliwon yang diselenggarakan di pedestrian Malioboro, Sabtu (10/12/2022). - Harian Jogja/Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJASejumlah wisatawan di Malioboro menikmati suguhan atraksi dan lomba permainan tradisional anak dalam agenda Wisata Berbudaya Sabtu Kliwon yang diselenggarakan di pedestrian Malioboro, Sabtu (10/12/2022).

Beberapa permainan tradisional anak yang jarang ditemui pada masa kini disediakan bagi pengunjung di tempat itu untuk dimainkan. 

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Perwakilan Sanggar Kenyo Cengkir Kumara menjelaskan pihaknya ikut serta berpartisipasi dalam acara itu untuk melestarikan permainan tradisional anak yang kini telah jarang ditemui. Anak-anak di masa sekarang menurutnya jarang yang mengenal permainan semacam egrang, bakiak, pletokan, gangsing bunyi, dan lainnya. 

"Biar anak-anak mengenal permainan tradisional masa kini, karena di masa sekarang kan yang seperti ini bisa dibilang hampir punah ya dan jarang ditemui lagi serta dilupakan sama anak-anak. Tapi kami sekarang kembali lagi mengenalkan permainan ini," ujarnya. 

Sejumlah permainan tradisional anak ini memang cukup susah untuk pengguna yang pertama kali mencoba. Seperti egrang yang membutuhkan keseimbangan diri saat menggunakannya atau pada permainan bakiak yang juga harus seirama antara pemain satu dengan yang lain. 

"Pertama-tama memang cukup susah, tapi lama-lama anak kalau sudah ketemu dengan pola dan kunci permainannya pasti asik sendiri," ungkap Kumara. 

Dia menyebut permainan tradisional anak mengandung cukup banyak manfaat bagi perkembangan diri serta proses tumbuh kembang anak. Pihaknya juga mengkolaborasikan salah satu permainan anak dengan jenis tari-tarian yang juga disuguhkan kepada para pengunjung. 

Salah seorang wisatawan asal Purwokerto Kinanti menyebut upaya mengenalkan permainan tradisional anak di masa sekarang penting untuk dilakukan. Dia yang berlibur bersama keluarganya ikut serta mencoba berbagai permainan tradisional yang disediakan di tempat itu. 

"Ingin bernostalgia saja sambil mengenalkan permainan tradisional kepada anak," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Begini Cara Pangeran Arab Saudi Nikmati Kekayaan

News
| Senin, 06 Februari 2023, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Kunjungan Malioboro Meningkat, Oleh-oleh Bakpia Kukus Kebanjiran Pembeli

Wisata
| Senin, 06 Februari 2023, 10:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement