Advertisement

Ribuan Pelari Ramaikan Malioboro Run 2022

Media Digital
Minggu, 11 Desember 2022 - 22:37 WIB
Arief Junianto
Ribuan Pelari Ramaikan Malioboro Run 2022 Pelari mengikuti Malioboro Run 2022. - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi

Advertisement

JOGJA — Ribuan pelari memeriahkan Bank BPD DIY Malioboro Run 2022 yang diselenggarakan dalam menyambut Hari Jadi ke-61 Bank BPD DIY, Minggu (11/12/2022). Rute perkotaan yang ditawarkan menjadi salah satu yang menarik minat para pelari dalam ajang ini. 

Para peserta mengawali Bank BPD DIY Malioboro Run 2022 dari Hotel Grand Inna Malioboro pada pagi hari. Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Kadarmanta Baskara Aji didampingi direksi Bank BPD DIY berkesempatan melepas para peserta yang tercatat sebanyak 2.000 orang dari berbagai daerah di Indonesia. 

Advertisement

Direktur Utama Bank BPD DIY Santoso Rohmad menjelaskan, antusiasme peserta untuk berpartisipasi dalam ajang ini cukup signifikan. Hal ini terbukti dari jumlah peserta yang melebihi dari target yang ditetapkan panitia.

Sedikitnya lebih dari 30% peserta merupakan pelari dari luar DIY yang sekaligus jadi ajang yang tepat dalam mempromosikan wisata olahraga. 

"Target kami di ajang ini diikuti sedikitnya 30 persen dari luar wilayah DIY. Tapi ini sudah melebihi target yakni sekitar 45,6 persen peserta BPD DIY Malioboro Run 2022 adalah peserta dari luar DIY," kata Santoso. 

BPD DIY Malioboro Run 2022 dibagi ke dalam dua kategori yakni 5K dan 10K. Untuk rute 5K, para peserta diajak menyusuri Jalan Malioboro-Jalan KH Ahmad Dahlan-Jalan Nyai Ahmad Dahlan-Jalan Kauman-Alun-Alun Utara-Jalan Ibu Ruswo-Jalan Brigjen Katamso-Jalan Mayor Suryotomo-Jalan Mataram-Jalan Abu Bakar Ali-finish Hotel Grand Inna Malioboro.

Sementara dalam kategori kelas 10K mengambil start di Jalan Malioboro-Alun-Alun Utara-Jalan Ibu Rotowijayan-Jalan Ngasem-Jalan Taman Patehan Lor-Alun-alun Kidul-Jalan Lengenastran Lor-Jalan Gamelan-Jalan Wijilan-Jalan Ibu Ruswo-Jalan Brigjen Katamso-Jalan Mayor Suryotomo-Jalan Mataram-Jalan Abu Bakar Ali-Jalan Yos Sudarso-Jalan Suroto-Jalan Jenderal Sudirman-Tugu Jogja-Jalan Margo Utomo-Jalan Kleringan-Jalan Abu Bakar Ali-finish di Hotel Grand Inna Malioboro.

Sektor Pariwisata

Menurut Santosa penyelenggara BPD DIY Malioboro Run 2022 juga sebagai salah satu upaya dalam membangkitkan sektor pariwisata olahraga di wilayah setempat. Dengan potensi wisata yang menarik, sektor olahraga Jogja disebut Santoso juga menjadi salah satu industri yang menarik untuk diberdayakan. 

"Kami juga mengadakan edukasi serta sosialisasi transaksi non-tunai [cashless transaction] dengan menerapkan pembayaran QRIS untuk proses pendaftaran peserta," jelasnya.

Di antara Peserta Lari yang ikut menyemarakkan Bank BPD Malioboro Run 2022 yakni Bupati Gunungkidul Sunaryanta, Bupati Sleman Periode 2016-2021 Sri Purnomo, Huda Tri Yudiana Wakil Ketua DPRD DIY, Kepala Dinas Pariwisata Singgih Raharjo, Ketua OJK DIY serta juga selebritas pegiat olahraga Melanie Putri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jadwal Pemadaman Listrik, Jumat 27 Januari 2023: Wates dan Wonosari Kena Giliran

News
| Jum'at, 27 Januari 2023, 07:07 WIB

Advertisement

alt

Kemenparekraf Optimistis Jumlah Wisatawan 2023 Naik

Wisata
| Kamis, 26 Januari 2023, 08:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement