Advertisement

Jelang Libur Nataru, Wisatawan ke Bantul Mulai Meningkat

Ujang Hasanudin
Senin, 12 Desember 2022 - 13:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Jelang Libur Nataru, Wisatawan ke Bantul Mulai Meningkat Pantai Parangtritis, Bantul, didatangi para wisatawan pada Jumat (1/4/2022). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Menjelang lbur Natal dan Tahun Baru 2023 atau Nataru Jumlah wisatawan yang berkunjung ke sejumlah objek wisata di Bantul mengalami peningkatan pada akhir pekan lalu. Dinas Pariwisata setempat menilai peningkatan jumlah kunjungan wisatawan ini karena ada sejumlah sekolah di beberapa daerah sudah selesai menjalani Ujian Akhir Semester (UAS) sehingga dimanfaatkan untuk studi tour.

“Kan sudah ada sekolah jelang libur akhir tahun dimanfaatkan untuk studi tour setelah menyelesaikan ujian semester,” kata Kasi Promosi dan Informasi Wisata, Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnomo Adi, saat dihubungi Senin (12/12/2022).

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Markus mencatat kunjungan selama akhir pekan lalau atau 9-11 Desember 2022 sebanyak 26.415 orang dengan perolehan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi sebesar Rp256,7 juta. Naik 24,7% jika dibanding kunjungan wisatawa pada akhir pekan sebelumnya. Sementara akhir pekan sebelumnya atau 2-4 Desember tercatat 21.167 orang dengan perolehan PAD Rp205,2 juta

Tidak hanya data akhir pekan, namun jumlah wisatawan selama sepekan kemarin juga meningkat. Tercatat sejak 5-11 Desember 2022 jumlah wisatawan yang berkunjung ke objek wisata yang dikelola Pemkab Bantul sebanyak 35.318 orang dengan perolehan PAD sebesar Rp343,2 juta.

Sedangkan kunjungan wisatawan dua pekan sebelumnya terhitung tanggal 28 November-4 Desember 2022 mencapai 29.523 orang dan mampu menyumbang PAD sebesar Rp 286 juta. “Jika dibandingkan jumlah kunjungan wisatawan dua pekan yang lalu dibandingan satu pekan kemarin terjadi peningkatan kunjungan wisatawan mencapai 19,6 persen,” ujarnya.

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Ipung ini mengatakan dari jumlah kunjungan akhir pekan atau selama sepekan lalu sebagian besar adalah pengunjung Pantai Parangtritis yang mencapai lebih dari 90%, kemudian diikuti pantai lainnya di Pantai Samas sampai Pandansimo, lalu Goa Selarong dan Goa Cerme.

Menurut Ipung, banyak kunjungan di Pantai Parangtritis tidak hanya di Pantai Parangtritis namun kawasan Parangtritis sampai Depok. Bahkan ada juga wisata religi yang berziarah ke makam Syekh Bela-Belu.

“Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Parangtritis tidak saja mengunjungi pantai namun juga ada rombongan wisatawan yang melakukan ziarah ke Syekh Bela-Belu dan Syekh Magribi yang masih satu kawasan dengan Pantai Parangtritis,” ucapnya.

Kepala Dinas Pariwisata Bantul, Kwintarto Heru Prabowo optimistis kunjungan wisatawan ke Bantul pada libur Natal membeludak. Apalagi selama ini banyak wisatawan yang menahan untuk berlibur karena adanya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Ia menargetkan selama Desember ini PAD dari sektor pariwisata yang dikelola Pemkab Bantul bisa mencapai Rp4 miliar. Sehingga sampai akhir tahun selama tahun ini PAD diperkirakan mencapai Rp27 miliar.

“Diperkirakan sampai akhir tahun hanya mencapai Rp27 miliar. Kalau sampai Rp27 miliar kami optimis tercapai,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AP I Mengaku Belum Terima Info soal Pengurangan Jumlah Bandara Internasional

News
| Selasa, 07 Februari 2023, 10:47 WIB

Advertisement

alt

Ikuti Post-tour ATF, Banyak Peserta Terkesan dengan Objek Wisata DIY

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 10:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement