Advertisement

PHI ke-94 Padukuhan Santren, Wujudkan Perempuan Sehat dan Peduli Lingkungan

Media Digital
Rabu, 14 Desember 2022 - 17:27 WIB
Bhekti Suryani
PHI ke-94 Padukuhan Santren, Wujudkan Perempuan Sehat dan Peduli Lingkungan Peringatan Hari Ibu di halaman SD Negeri Deresan - Ist

Advertisement

SLEMAN– Padukuhan Santren, Kalurahan Caturtunggal, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta menyelenggarakan Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-94 Tahun 2022. Rangkaian acara yang diadakan di halaman SD Negeri Deresan ini dimulai Sabtu (10/12/2022) dan acara puncak pada hari Minggu (11/12/2022) lalu.

Di acara puncak diawali dengan senam sehat ceria yang diikuti oleh para ibu, tidak ketinggalan para bapak, remaja, dan anak-anak. Ketua kelompok PKK Padukuhan Santren, Nia, di awal acara melaporkan bahwa di PHI tahun ini Padukuhan menyelenggarkaan 3 perlombaan, bola voli plastik antar RW, merangkai bunga dari plastik bekas yang diikuti oleh 15 RT, serta fashion show dari bahan bekas pakai yang melibatkan 25 kelompok dasawisma.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Seluruh ibu antusias mengikuti semua perlombaan. Kerja sama dan kekompakan tim terlihat baik ketika pertandingan maupun membuat karya bunga dari plastik bekas dan busana yang terbuat dari barang-barang bekas, seperti tutup botol plastik, bungkus makanan, koran hingga botol bekas.

"Penggunaan barang bekas pada PHI kali ini bukan tanpa alasan, melainkan kami ingin berkreasi untuk mengolah barang bekas, terutama yang terbuat dari plastik agar menjaga bumi menjadi lebih baik," ujar Nia dalam laporannya.

Di penghujung laporannya ia berharap dalam peringatan tahun ini dapat menjadikan perempuan lebih berdaya, lebih sehat, dan mampu meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan di sekitar. Hal ini senada dengan tema besar PHI tahun ini "Perempuan Berdaya, Indonesia Maju"

PHI ke-94 di Padukuhan Santren sangat berkesan bagi hadirin, pasalnya acara ini dihadiri oleh Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa beserta Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sleman, R.Ay Sri Hapsari Suprobo Dewi.

Dalam sambutannya Danang mengungkapkan bahwa peringatan Hari Ibu menjadi bentuk penghormatan kepada seluruh ibu. "Peran ibu dalam membersamai, mendidik, dan merawat keluarga, memberikan pengaruh besar, terutama dalam melahirkan generasi bangsa yang cerdas," paparnya.

Selain itu, Danang menyebut bahwa angka stunting di Kabupaten Sleman yang sempat mengalami peningkatan. Hal itu salah satunya diakibatkan oleh pandemi Covid.

Ia mengajak para ibu dan calon ibu untuk lebih memperhatikan kesehatan pada diri sendiri, dengan dukungan dan kerja sama dari semua pihak, risiko anak stunting di Kabupaten Sleman dapat semakin ditekan.

Danang menambahkan bahwa peran ibu sangat luar biasa, tentu dampaknya juga tidak kalah hebat. Ia juga mengajak para ibu dan remaja putri sebagai calon ibu, untuk terus menjaga kesehatan. Dengan begitu, bersama kita bisa lebih produktif dan memberikan banyak manfaat untuk lingkungan di sekitar kita.

Acara PHI ke-94 ini dihadiri pula oleh Panewu Depok, Kamituwa selaku perwakilan Kalurahan Caturtunggal, Ketua BPKal, Kapolsek Bulaksumur, Kepala Puskesmas Depok 3, para mitra sponsor, dan tentunya sebagai tuan rumah Dukuh Santren Yanuar Eko Hartanto. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Daya Beli Masyarakat Rendah, Indef Sebut Gara-gara Harga BBM Naik

News
| Selasa, 07 Februari 2023, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Kampung Batik Giriloyo yang Sempat Terpuruk Karena Gempa 2006

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 13:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement