Advertisement

Unriyo Belajar Pengelolaan Media di Harian Jogja

CRH22
Kamis, 15 Desember 2022 - 18:07 WIB
Budi Cahyana
Unriyo Belajar Pengelolaan Media di Harian Jogja Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Respati Universutas Respati Yogyakarta (Unriyo) mengunjungi kantor Harian Jogja, Kamis (15/12/2022). - Harian Jogja/Hadid Husaini

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Respati Universutas Respati Yogyakarta (Unriyo)  mengunjungi kantor Harian Jogja, Kamis (15/12/2022). Puluhan mahasiswa belajar tentang perkembangan media.

Diterima secara langsung oleh Redaktur Pelaksana Harian Jogja, Nugroho Nurcahyo, para mahasiswa antusias melontarkan beberapa pernyataan. Para dosen yang ikut mendampingi kunjungan tersebut juga aktif merespons penjelasan yang diberikan.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Nugroho menjelaskan pengelolaan Harian Jogja dari segi bisnis hingga proses produksi berita. “Berbagai tantangan telah kami alami hingga kini rebranding dengan semangat baru,” ujar Nugroho.

Semangat baru tersebut hadir dengan tagline baru yakni Berbudaya, Menginspirasi dan Mandiri.

Nugroho juga menjalaskan tentang proses memproduksi berita. Dia mengatakan menulis harus hati-hati dan sesuai dengan kaidah jurnalistik.

Dia juga menjelaskan bahwa seseorang yang bekerja di media tidak seperti orang yang bekerja di kantor pada umumnya. Menurutnya pekerja media memiliki jam kerja yang fleksibel karena harus memastikan pemberitaan yang disusun sesuai dengan apa yang pembaca inginkan.

“Mungkin waktu dengan keluarga menjadi berkurang, namun karena bekerja di media menjadi hobi, sehingga ini tidak menjadi beban,” ujar Nugroho

Setelah disambut di ruang rapat redaksi, para mahasiswa tersebut diajak mengelilingi kantor Harian Jogja danmelihat proses layouting pemberitaan di ruang produksi berita. Mahasiswa juga diajak ke kantor dan studio Radio Star FM yang berada dalam satu grup perusahaan dengan Harian Jogja.

Dosen Prodi Ilmu Komunikasi Unriyo, Bambang Srigati, menyampaikan terima kasih kepada Harian Jogja atas kesempatan belajar yang diberikan. Dia mengharapkan kunjungan tersebut dapat memberikan manfaat kepada mahasiswa dan dosen. “Terima kasih atas kesempatan yang diberikan Harian Jogja, kami merasa tercerahkan dengan penjelasan yang diberikan. Kami senang dengan pengalaman yang diberikan oleh Harian Jogja,” ujar dia. Bambang berharap kedepan bisa membangun kerjasama berupa memberikan penvalaman kepada mahasiswa dengan magang untuk memberikan kompetensi di bidang komunikasi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Rekor Pertumbuhan Ekonomi Jokowi Belum Mampu Saingi Era SBY, Ini Datanya!

News
| Selasa, 07 Februari 2023, 12:37 WIB

Advertisement

alt

Ikuti Post-tour ATF, Banyak Peserta Terkesan dengan Objek Wisata DIY

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 10:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement