Advertisement

Kemenkominfo dan Antara Pastikan Diseminasi Informasi Berjalan Baik

Media Digital
Jum'at, 16 Desember 2022 - 19:17 WIB
Budi Cahyana
Kemenkominfo dan Antara Pastikan Diseminasi Informasi Berjalan Baik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan Kantor Berita Antara mengunjungi kantor Harian Jogja pada Jumat (16/12/2022). - Harian Jogja

Advertisement

JOGJA—Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan Kantor Berita Antara mengunjungi kantor Harian Jogja pada Jumat (16/12/2022).

Kunjungan itu untuk meninjau mitra kerja diseminasi informasi yang menjadi bagian public service obligation (PSO).

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Kemenkominfo menjalin kemitraan dengan Antara dalam menyebarkan berbagai informasi  untuk menyukseskan program pemerintah. Kantor Berita Antara menjalin kemitraan dengan beberapa perusahaan media, salah satunya Harian Jogja. 

Direktur Pengelolaan Media Kemenkominfo Nursodik Gunarjo menyampaikan kerja sama yang dibangun dengan mitra adalah upaya untuk memudahkan masyarakat, terutama yang berada di  luar Ibu Kota, untuk mengetahui kebijakan pemerintah supaya lebih mudah. “Kerja sama ini sebagai upaya   untuk menyebarkan kebijakan pemerintah kepada masyarakat,” ujar Gunarjo.

Dia mengatakan Kemenkominfo ingin mendengar banyak masukan dari mitra kerja agar bisa membantu merealisasikan PSO secara lebih baik. “Kami ingin semua bisa menjalankan program dengan baik, sehingga kerja di lapangan bisa sesuai,” ujar Gun.

Redaktur Pelaksana Harian Jogja, Nugroho Nurcahyo, mengatakan selama ini Harian Jogja terbantu dalam memperoleh sumber informasi untuk memenuhi kebutuhan publik di tingkat nasional

“Semua untuk pengerjaan dan campaign diseminasi informasi tidak ada masalah, semua ready to use. Sekarang kami lebih fokus pada pengembangan platform digital,” ujar Nugroho.

Dia menjelaskan Harian Jogja memiliki fokus pemberitaan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. 

“Kami sempat berganti fokus pemberitaan mulai dari kriminal hingga mengarah kepada isu-isu politik. Akan ada lebih banyak informasi nasional yang bisa dibaca oleh masyarakat,” ujar dia.

Hingga kini, Harian Jogja masih mempertahankan kualitas informasi dan produksi produksi cetak yang melalui  koran yang didistribusikan hingga ke pelosok DIY dan Jawa Tengah seperti Magelang, Purworejo dan Klaten.

Koordinator PSO Perum LKBN Antara Rini Utami menyampaikan terima kasih kepada Harian Jogja yang telah menjalin kemitraan selama tiga tahun. Pengelola media harus mengembangkan industri multiplatform.

“Saat koran sudah masuk sunset industry, kami juga melihat platform yang lebih relevan seperti media sosial dan melalui podcast,” ujarnya. 

Antara melakukan berbagai kerjasama dengan berbagai platform untuk mempermudah diseminasi informasi yang sudah sesuai dengan perkembangan zaman. Meskipun begitu, Antara masih akan tetap bertahan dengan media cetak. Menurutnya, media yang menjadi mitra kerja merupakan media yang sudah mendapat persetujuan dari Kemenkominfo yang mendanai program PSO.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Meriah! Archipelago Menggelar Kompetisi Mini Soccer

News
| Selasa, 07 Februari 2023, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Kampung Batik Giriloyo yang Sempat Terpuruk Karena Gempa 2006

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 13:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement