Advertisement

Empat Lokasi di Bantul Ini Rawan Kepadatan Kendaraan Saat Libur Nataru

Ujang Hasanudin
Jum'at, 16 Desember 2022 - 20:17 WIB
Budi Cahyana
Empat Lokasi di Bantul Ini Rawan Kepadatan Kendaraan Saat Libur Nataru Mobil rombongan keluarga yang tak kuat menanjak di jalur Cinomati, Kamis (5/5/2022). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Polres Bantul menyebut ada empat titik yang menjadi perhatian pengamanan selama libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) mendatang. Keempat titik tersebut disinyalir akan menjadi pusat penumpukan kendaraan wisatawan maupun kendaraan pemudik.

Keempat titik yang menjadi perhatian Polres Bantul, yakni Jalan Jogja-Wonosari di Simpang Piyungan, Jalan Parangtritis, Jalan Sedayu, dan Simpang Druwo. Kasat Lantas Polres Bantul Iptu Fikri Kurniawan mengatakan keempat titik tersebut akan dijaga lebih banyak petugas kepolisian karena termasuk daerah perbatasan serta jalur menuju destinasi wisata.

Advertisement

Namun dari empat titik tersebut, kata Fikri, terdapat titik jalur yang cukup vital, yakni Simpang Piyungan yang merupakan perbatasan Bantul dan Gunungkidul. Menurutnya,  banyak kendaraan menuju Gunungkidul, sementara jalur tersebut rawan longsor sehingga butuh personel penjagaan yang banyak.

Jalan Parangtritis juga diperkirakan ramai kendaraan wisatawan yang akan menuju Pantai Parangtritis. “Dua titik tersebut yang menurut kami cukup vital, karena biasanya cukup ramai menjelang Natal dan Tahun Baru nantinya,” kata Fikri, saat dihubungi Jumat (16/12/2022).

Selain empat jalur tersebut, lanjut Fikri, yang menjadi perhatian juga jalur Cinomati dan Jalan Imogiri-Mangunan. Ia tidak merekomendasikan kendaraan wisatawan terutama untuk melintas jalur Cinomati ketika hendak berkunjung ke objek wisata di wilayah Dlingo.

BACA JUGA: Libur Telah Tiba, Ini Jalur Rawan Macet dan Kecelakaan di Gunungkidul

Kepolisian akan memasang spanduk pengumuman agar kendaraan tidak melintas jalur Cinomati. Meski demikian, Polres Bantul tetap menempatkan petugas pengamanan di jalur tersebut untuk mengantisipasi adanya kendaraan yang melintas jalur itu. Jalur Imogiri-Mangunan aman untuk dilintasi tetapi pengendara diminta untuk berhati-hati karena jalannya cukup curam.

“Para petugas yang berjaga akan menghimbau kepada pengguna kendaraan untuk berhati-hati dan meminta menggunakan gigi rendah ketika menanjak maupun menuruni tanjakan,” ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jadwal Pemadaman Listrik, Jumat 27 Januari 2023: Wates dan Wonosari Kena Giliran

News
| Jum'at, 27 Januari 2023, 07:07 WIB

Advertisement

alt

Kemenparekraf Optimistis Jumlah Wisatawan 2023 Naik

Wisata
| Kamis, 26 Januari 2023, 08:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement