Advertisement

Dukung Pemulihan Ekonomi di Jogja, Ini yang Dilakukan Keluarga Alumni Teladan Yogyakarta

Media Digital
Minggu, 18 Desember 2022 - 08:47 WIB
Budi Cahyana
Dukung Pemulihan Ekonomi di Jogja, Ini yang Dilakukan Keluarga Alumni Teladan Yogyakarta Penampilan salah satu alumni SMAN 1 Jogja di sela kegiatan Temu Akbar Alumni Teladan, Sabtu (17/12/2022). - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Seribuan orang anggota Keluarga Alumni Teladan Yogyakarta (KATY) dari berbagai kota mengikuti Temu Akbar Alumni SMAN 1 Jogja, Sabtu (17/12/2022).

Keberadaan alumni ini diharapkan mampu menggerakkan dan memulihkan kondisi perekonomian masyarakat DIY pascapandemi.

Advertisement

Ketua Umum Keluarga Alumni Teladan Yogyakarta (KATY) Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Paku Alam X mengatakan Temu Akbar Alumni Teladan tersebut mengusung misi Bonding dan Branding yang menjadi tekad para alumni dalam mengiringi usia ke-65 tahun SMAN 1 Jogja. 

"Bonding sebagai manunggalnya para alumni dalam memberi kontribusi terhadap ibu pertiwi, sembari tetap memperkuat branding sebagai ikhtiar membawa nama baik dan modal sosial dalam membangun sinergisitas kesejahteraan masyarakat," katanya di sela kegiatan.

Menurutnya, greget jayamahe harus dimaknai sebagai cita mulia jaya bangsa dengan inti utama nilai-nilai kemanusiaan dalam balutan nilai budaya yang diwarnai harmoni Bhinneka Tunggal Ika. "Saya mengajak seluruh alumni Teladan untuk membangun moral satya wacana, satu kata dan perbuatan sebagai inspirator pembangunan. Bebekal nilai moral guru titi purun dalam sumbangsih membangun negeri tercinta secara cermat, cerdas dan menginspirasi untuk mencapai jayamahe," katanya.

Ketua Umum Panitia Lustrum ke 13 SMAN 1 Jogja M. Romahurmuziy mengatakan kegiatan tersebut diikuti mulai angkatan 6-0an hingga angkatan 2000an. Lustrum Teladan tahun ini dinilai istimewa karena menjadi lustrum terbesar dan terlama sepanjang berdirinya sekolah tersebut. Alasannya, rangkaian kegiatan digelar sejak November lalu hingga Februari 2023 mendatang.

Menurutnya, kegiatan tersebut merupakan Lustrum terbesar baik dari sisi jenis dan banyaknya kegiatan, besaran pembiayaan, keterlibatan kepanitiaan dan kepesertaan maupun rentan waktu kegiatan. Gemanya tidak hanya tingkat lokal tetapi juga internasional karena mendatangkan musisi dari luar negeri.

"Ini merupakan dedikasi para alumni teladan untuk Indonesia karena mengambil tema Teladan Sinergi Mewarnai yang merupakan perwujudan misi dari Teladan untuk Teladan, dari Teladan untuk Jogja dan dari Teladan untuk Indonesia," katanya.

Dengan menggelar 21 kegiatan di berbagai sektor mulai kampanye lingkungan, uri-uri kebudayaan, membangkitkan pariwisata dan seni pertunjukan, aktivitas olahraga hingga pemberdayaan UMKM, dan atraksi Jogja Menari II di Candi Prambanan. Total alokasi dana yang disediakan hampir mencapai Rp11 miliar.

"Banyaknya lapisan masyarakat yang terlibat dan ratusan pelaku wisata dan UMKM di Jogja, kami harapkan mampu menggerakkan perekonomian Jogja setelah terhempas pandemi Covid-19," katanya.

Rangkaian kegiatan Temu Akbar Alumni Teladan tersebut diawali dengan kirab budaya yang diikuti para alumni. Di sela kegiatan juga diserahkan bantuan sembako kepada sejumlah pihak, lelang lukisan hingga atraksi dan kreasi para alumni.

Sementara, Kepala SMAN 1 Jogja Jumadi berharap Temu Akbar Alumni Teladan tersebut juga ikut memberikan dampak positif bagi kebangkitan kembali SMAN 1 Jogja. 

"Ini merupakan lustrum terpanjang yang kami gelar untuk guyup rukun dan bergandeng tangan membangun sekolah ini. Kami meminta saran dan masukan dari para alumni agar SMAN 1 Jogja bisa kembali bersaing dengan sekolah-sekolah lainnya," kata Jumadi. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kru Lion Air yang Tabrak Garbarata di Merauke Negatif Alkohol & Narkoba

News
| Sabtu, 28 Januari 2023, 09:07 WIB

Advertisement

alt

Resmi Dibuka, Ini Wahana Solo Safari Zoo yang Dahulu Taman Taru Jurug

Wisata
| Sabtu, 28 Januari 2023, 08:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement