Advertisement

UAD Membangun Karakter Peserta Didik SMP: Kenali Napza, Vitamin dan Suplemen Kesehatan

Media Digital
Rabu, 21 Desember 2022 - 16:17 WIB
Budi Cahyana
UAD Membangun Karakter Peserta Didik SMP: Kenali Napza, Vitamin dan Suplemen Kesehatan Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan bekerja sama dengan SMP Muhammadiyah 2 Minggir melaksanakan program dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan pada Kamis 29 September 2022. - Istimewa

Advertisement

JOGJA—Karakteristik peserta didik di abad 21 adalah memiliki lima aspek keterampilan yaitu keterampilan komunikasi, keterampilan berpikir kritis, keterampilan pemecahan masalah serta keterampilan berpikir kreatif dan inovatif.

Selain itu dalam mewujudkan Program Sekolah sehat yang diluncurkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada 2022 ini tentu saja memerlukan dukungan dan peran serta dari berbagai pihak. Salah satu upaya untuk dapat mencapai Sekolah sehat ini adalah dengan Promosi Kesehatan melalui edukasi tentang Kenali Napza dan suplemen kesehatan.

Advertisement

Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan bekerja sama dengan SMP Muhammadiyah 2  Minggir melaksanakan program dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan pada Kamis 29 September 2022. Tim pengabdian terdiri dari apt, Widyasari Putranti, M.Sc., apt Andriana sari, M.Sc., apt Adnan, M.Sc dan melibatkan 3 mahasiswa yaitu Sekar Wulan Ramadhani, Hanifah Rusydah dan Syifa Nurjanah. Edukasi tentang Kenali Napza memberikan gambaran kepada peserta didik berbagai bentuk dan informasi terkait Narkotika, Psikotropika dan Zat aditif lainnya (napza).

Hal ini dikarenakan siswa SMP mudah dipengaruhi atau diajak melakukan hal baru yang bagi mereka dirasa menarik seperti mencoba minuman keras, merokok dan semacamnya. Apabila tidak diberikan edukasi yang tepat mengenai dampak yang mungkin terjadi apabila mengkonsumsi Napza maka siswa tidak mampu berpikir kritis sehingga terjerumus menggunakan Napza yang akan mempengaruhi Kesehatan jasmani dan rohani.

Selain itu edukasi terkait vitamin dan suplemen dimana membantu menjaga daya tahan tubuh sehingga menjadi pribadi yang sehat. Hal ini diinformasikan guna mendukung Kondisi pandemi yang memasuki new normal dan kegiatan pembelajaran yang sudah rutin dilaksanakan secara tatap muka mengharuskan semua siswa maupun guru untuk tetap menjaga protocol Kesehatan.

Pada saat pelaksanaan kegiatan siswa kami libatkan diskusi aktif terkait vitamin dan suplemen Kesehatan yang tersedia di lingkungan sekitar yang bisa dimanfaatkan  untuk membangun pribadi yang sehat. Diksusi tersebut supaya meningkatkan ketrampilan komunikasi, berpikir kreatif dan inovatif sehingga diharapkan karakter peserta didik menjadi lebih baik dan upaya sekolah sehat dapat tercapai. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Advertorial

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Lowongan Kerja: Kemensos Buka 40.800 Formasi ASN 2024, Cek di Sini!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 16:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement