Advertisement

Bantul Bersiap Hadapi Lojakan Wisatawan Selama Libur Nataru

Ujang Hasanudin
Rabu, 21 Desember 2022 - 20:37 WIB
Bhekti Suryani
Bantul Bersiap Hadapi Lojakan Wisatawan Selama Libur Nataru Suasana Pantai Parangtritis dipenuhi para wisatawan, Sabtu (25/12/2021). - Harian Jogja - Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL— Bupati Bantul Abdul Halim Muslih memastikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul bersama Forum Komunukasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) siap untuk menghadapil lonjakan wisatawan selama libur Natal dan Tahun Baru (Natru) mendatang.

Halim meminta semua pimpinan Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) yang selama ini telah menyiapkan hal-hal sesuai tugas masing-masing bisa dilakukan lebih baik lagi dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

“Kita punya pengalaman berkali-kali mempersipkan Natal dan Tahun Baru di Bantul dan alhamdulillah selama ini bisa berjalan dengan lancar atas koordinasi yang baik seluruh Forkopimda dan jajaran yang ada,” katanya dalam Rapat Forkompinda terkait Koordinasi Persiapan Menyambut Natal dan tahun Baru di Parasamya, Kompleks Pemerintahan Kabupaten Bantul, Rabu (21/12/2022)

Halim mengatakan berdasarkan beberapa sumber, DIY akan mengalami lonjakan wisatawan karena kasus Covid-19 sudah landai dan saat ini DIY termasuk Bantul masuk PPKM Level I. Diperkirakan DIY ada lima juta orang yang keluar masuk wilayah DIY selama libur Nataru. Data tersebut merupakan estimasi dari Dinas Pariwisata DIY. Yang keluar DIY sebanyak 1,5 juta, sehingga masih surplus sekitar empat jutaan.   

BACA JUGA: Rekrutmen CPNS 2023, Ini 4 Formasi yang Jadi Prioritas

“Ini lebih besar dibanding tahun laku, sehingga dibutuhkan persiapan-persiapan yang lebih matang dari segala aspek, baik dari sisi kemanan dan logistik yang diperlukan, sehingga wisatawan merasa aman dan nyaman,” ucapnya.

Lebih lanjut Halim mengatakan pada perayaan Natal nanti Forkopimda juga akan menyampaikan ucapan selamat kepada warga Kristiani yang merayakan Natal di beberapa gereja yang terpilih. “Kunjungan ke gereja tersebut untuk memotivasi dan mendorong agar kita sebagai keluarga Bantul bisa hidup secara damai dalam kebhinekaan kita,” ujarnya.

Kapolres Bantul, AKBP Ihsan mengatakan rapat koordinasi Forkompinda penting dilakukan untuk mempersiapkan pengamanan libur Nataru. Dalam rangka Nataru ini pihaknya juga akan menggelar Operasi Lilin. “Kami harap kegiatan ibadah umat Nasrani berjalan lancar. Masyarakat yang merayakan Tahun Baru berjalan aman dan sehat juga,” katanya.

Ia juga mengimbau sebaiknya masyarakat mengadakan kegiatan positif pada malam pergantian tahun baru di masing-masing wilayah. Harapannya di rumah saja agar tidak terjadi penumpukan satu tempat seperti di Pantai Parangtritis dan Lapangan paseban. Kalau pun ke luar rumah bisa menajaga diri dan tidak melakukan hal-hal yang tidak sesuai ketentuan, “kami akan tegas bagi warga yang melakukan pelanggaran dan kejahatan akan proses hukum,” tegasnya. (Ujang Hasanudin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

1 Anak Pasien Gagal Ginjal Dirawat di Solo

News
| Rabu, 08 Februari 2023, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Meski Ada Gempa, Minat Masyarakat ke Turki Tak Surut

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement