Advertisement

UII Bantu Solar Cell dan Water Treatment di Wisata Taman Opak Prambanan

Media Digital
Sabtu, 24 Desember 2022 - 12:17 WIB
Lajeng Padmaratri
UII Bantu Solar Cell dan Water Treatment di Wisata Taman Opak Prambanan UII membantu pengadaan solar cell dan water treatment di Wisata Taman Opak Prambanan. / Ist

Advertisement

SLEMAN—Melalui skema program insentif pengabdian masyarakat yang terintegrasi dengan MBKM berbasis kinerja IKU bagi PTS tahun 2022 Kegiatan Kampung Bangkit (KKB), Dr.Eko Siswoyo, S.T., M.Sc.ES., Ph.D (Dosen Prodi Teknik Lingkungan UII) bersama  dengan Dr. Hendra Setiawan, S.T. M.T., Ph.D (Dosen prodi Teknik Elektro UII) membantu  mengembangkan Wisata Taman Opak di Desa Bokoharjo Prambanan melalui penguatan kapasitas sumber daya manusia, pengadaan solar cell dan water treatment.

Pengadaan solar cell sebagai upaya menciptakan penghematan energi listrik sebagai penerang jalan di lokasi wisata, sedang water treatment sebagai upaya membantu mengatasi permasalahan air di lokasi wisata yang airnya tidak baik dan berwarna keruh.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

“Pembangunan water treatment dimulai dengan pengeboran sumur, perbaikan tempat penampungan air, dan pembangunan rumah sebagai tempat water treatment, sehingga hasil dari pengadaan ini menghasilkan air siap minum di lokasi wisata dengan kapasitas air yang dihasilkan perhari bisa mencapai 80 galon, dengan harapan selain menyuplai kegiatan di wisata juga bisa dinikmati oleh masyarakat sekitar,” ujar Eko Siswoyo.

Selain kegiatan tersebut melalui program Kegiatan Kampung Bangkit dari Kemdikbudristek ini juga melakukan penguatan kapasitas sumber daya manusia pengelola wisata melalui pelatihan training of trainer (TOT) pengetahuan praktis pengelolaan wisata, pemahaman tentang fungsi dan tugas pengelola wisata, serta membangun komunikasi yang baik dengan pengunjung.

Sendy Sapta Ramadhan selaku Ketua Pengelola Wisata Taman Opak Prambanan mengucapkan terima kasih kepada UII yang telah membantu pengadaan solar cell dan water treatment di lokasi wisata. Selain itu dengan adanya peningkatan kapasitas sumber daya manusia yang telah diajarkan dapat tercipta SDM pengelola Wisata Taman Opak lebih tangguh dalam menghadapi persaingan wisata yang ada saat ini, sehingga harapannya Wisata Taman Opak lebih maju dan dapat melayani kunjungan wisatawan dengan lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gempa Turki, Kemlu Evakuasi 104 WNI yang Terdampak

News
| Rabu, 08 Februari 2023, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Meski Ada Gempa, Minat Masyarakat ke Turki Tak Surut

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement