Advertisement

Tempuh Jarak 55 Km, Barata ke-37 Resmi Ditutup

Lugas Subarkah
Minggu, 01 Januari 2023 - 19:57 WIB
Arief Junianto
Tempuh Jarak 55 Km, Barata ke-37 Resmi Ditutup Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa (kedua dari kanan) menutup Barata ke-37 di Lapangan Pemda Sleman, Minggu (1/1/2023) - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN — Kegiatan Pengembaraan Akhir Tahun (Barata) ke-37 Kwarcab Sleman resmi ditutup pada Minggu (1/1/2023).

Bertempat di lapangan Pemda Sleman, kegiatan kepramukaan yang diikuti oleh pelajar SMK/SMA/MA se-Kabupaten Sleman ini ditutup oleh Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa.

Advertisement

Danang berharap Barata ke-37 ini dapat menjadi bekal bagi para generasi muda untuk berkontribusi positif dan berperan aktif dalam berbagai aktivitas kemasyarakatan.

Dengan adanya kegiatan ini, semakin banyak generasi muda yang terinsipirasi. “Terutama untuk  memberi dampak positif yang lebih luas bagi lingkungan. Jika adik-adik mengetahui potensi diri dan fokus pada pengembangannya sejak dini, maka saya yakin adik-adik semua dapat menjadi insan yang berprestasi dan sukses," ujarnya.

BACA JUGA: Pramuka Kwartir DIY Peduli Stunting

Dalam acara tersebut juga diserahkan sejumlah trophy penghargaan bagi kelompok yang berprestasi dalam kegiatan Barata Ke-37 ini. Pangkalan MAN 1 Sleman keluar sebagai Juara Umum pada Barata Ke-37 Kwarcab Pramuka Sleman dengan poin 13,4.

Sedangkan Sangga Sidokarto meraih Tunggul pada kegiatan ini dengan total poin 300. "Saya ucapkan selamat kepada para penerima trophy kejuaraan, semoga kemenangan ini menjadi semangat dan motivasi dimasa yang akan datang," katanya.

Barata ke-37 dimulai di Lapangan Pemda Sleman pada Rabu (28/12/2022). Kegiatan yang mengusung tema Boyong Kaprajan ini dilaksanakan selama lima hari dan diikuti oleh 501 orang peserta pramuka penegak se-Kabupaten Sleman.

Para peserta terdiri dari terdiri dari 65 sangga yang berasal dari 31 Pangkalan yang ada di Wilayah Kwarcab Sleman.

Tahun ini, Barata ke-37 juga diikuti oleh peserta tamu yang berasal dari DKI Jakarta sejumlah satu sangga ditambah dua orang bindamping.

Barata ke-37 mengambil Rute Boyong Kaprajan Kabupaten Sleman yang merupakan rute sejarah perpindahan pemerintahan Kabupaten Sleman pada tahun 1945 hingga sekarang, dengan tujuan agar para anggota Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega mengetahui sejarah perpindahan di Kabupaten Sleman selama masa revolusi fisik mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Rute yang ditempuh sejauh 55 km yang melalui Lapangan Pemda Sleman-Lapangan Jlegongan SMKN 1 Tempel-Balai Desa Purwobinangun Pakem-Balai Desa Harjobinangun Pakem-Lapangan Pemda Sleman.

Para peserta melewati Kantor Pemkab Sleman dan lokasi gerilya Bupati Sleman saat masa revolusi fisik 1945.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Setelah Lima Hari, 2 Wisatawan yang Berenang di Zona Hahaya Pangandaran Ditemukan Tewas

News
| Rabu, 24 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement