Advertisement

Jogja Planning Gallery Segera Dirancang, Tahun Depan Dibangun

Stefani Yulindriani Ria S. R
Senin, 16 Januari 2023 - 20:32 WIB
Budi Cahyana
Jogja Planning Gallery Segera Dirancang, Tahun Depan Dibangun Kepala Dinas PUP ESDM DIY Anna Rina Herbranti (kedua dari kiri) di Kompleks Kepatihan, Senin (16/1/2023). - Harian Jogja/Stefani Yulindriani

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Rancangan pembangunan atau detail engineering design (DED) Jogja Planning Gallery di kawasan Malioboro segera disusun dan akan selesai dalam satu tahun. Setelah DED rampung, Jogja Planning Gallery akan dibangun.

Beberapa waktu lalu, Gubernur DIY Sri Sultan HB X mengatakan JPG akan dibangun antara 2024 dan 2025. Gedung yang akan dijadikan landmark budaya DIY itu rencananya dibangun di lahan Sultan Grond seluas 25.400 meter persegi atau 2,5 hektare. Lahan tersebut yang sekarang menjadi tempat berdirinya gedung DPRD DIY dan Teras Malioboro 2. Kantor DPRD DIY akan dipindah di Jalan Kenari, timur Stadion Mandala Krida. Sementara, pedagang di Teras Malioboro 2 akan diboyong ke Teras Malioboro 1 di depan Pasar Beringharjo.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

BACA JUGA: Ribuan Mahasiswa Kesulitan Bayar Kuliah, Ini Respons UGM

"Saat ini bangunan untuk relokasi DPRD masih dalam tahap desain. Setelah itu harus ada kajian-kajian yang lain,” ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) DIY Anna Rina Herbranti di Kompleks Kepatihan, Senin (16/1/2023).

Lahan Jogja Planning Gallery juga mencakup bekas kios di Jalan Perwakilan. Pedagang Jalan Perwakilan saat ini sudah digusur dan rencananya dipindah ke Pasar Klithikan.

Anna mengataken sayembara desain JPG telah dilakukan pada 2022. Sayembara tersebut menghasilkan tiga pemenang yang akan mengolaborasikan desain mereka untuk bangunan JPG. “Tahun ini kami lanjut ke DED kemudian amdal [analisis mengenai dampak lingkungan],” ujar Anna 

Setelah DED rampung, pembangunan fisik JPG dimulai. Menurut Anna, Jogja Planning Gallery akan diisi galeri kontemporer DIY masa lalu dan masa kini, serta pengaruh teknologi terhadap perkembangan kota. “Harapan kami nanti JPG jadi landmark budaya DIY," kata Anna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Rekor Pertumbuhan Ekonomi Jokowi Belum Mampu Saingi Era SBY, Ini Datanya!

News
| Selasa, 07 Februari 2023, 12:37 WIB

Advertisement

alt

Ikuti Post-tour ATF, Banyak Peserta Terkesan dengan Objek Wisata DIY

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 10:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement