Advertisement

Delegasi ATF di Sleman Akan Diajak Naik Gerobak Sapi hingga Kunjungi Konservasi Burung Hantu

Anisatul Umah
Kamis, 19 Januari 2023 - 12:27 WIB
Sunartono
Delegasi ATF di Sleman Akan Diajak Naik Gerobak Sapi hingga Kunjungi Konservasi Burung Hantu Festival Gerobak Sapi yang digelar di Lapangan Pokoh, Desa Wedomartani, Kecamatan Ngemplak, Sabtu (20/10 - 2018).Ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN - Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Sleman siap menjamu delegasi Asean Tourism Forum (ATF) dengan pengalaman yang berbeda dari kabupaten lain. DIY akan menjadi tuan rumah ATF 2-5 Februari 2023.

Sleman bersama kabupaten/kota lain di DIY mendapat kesempatan untuk mempromosikan destinasi wisatanya pada 6-8 Februari 2023.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Kepala Bidang Pemasaran Dispar Sleman Kus Endarto mengatakan pengalaman berbeda yang ditawarkan yakni naik gerobak sapi, melihat pembuatan keju organik di mazaraat, bersepeda menyusuri areal persawahan dari Candi Sambisari sampai Candi Prambanan. Sambil melihat dan mengikuti aktivitas masyarakat yang ada. Selain itu juga akan diajak melihat langsung proses pembuatan bakpia.

"Hal istimewa yang ditawarkan bagi delegasi ATF yang berkunjung ke Kabupaten Sleman adalah terkait experience yang berbeda dibandingkan dengan yang ditawarkan oleh kabupaten/kota lainnya di DIY," ucapnya kepada Harianjogja.com, Kamis (19/1/2023).

Desa wisata, kuliner, dan belanja menjadi tema yang akan diangkat dalam post-tour nanti. Selama dua hari delegasi ATF akan mengikuti famtrip yang diadakan Dispar dan Badan Promosi Pariwisata Sleman (BPPS).

Delegasi akan diajak berkunjung ke Desa Wukirsari, Cangkringan di hari pertama. Obyek kunjungan meliputi kawasan studi dan konservasi burung hantu Dusun Cancangan (Tyto alba), pengolahan keju organik mazaraat, dan ruas bambu.

"Peserta akan menikmati suasana pedesaan di Desa Wukirsari, dengan menggunakan gerobak sapi yang akan mengantarkan sampai di destinasi tersebut diatas."

Selanjutnya peserta akan dijamu makan siang dan diterima oleh jajaran pimpinan Kabupaten Sleman di Warung Eyup. Malam harinya dilaksanakan table top di Hotel Jayakarta, sekaligus menjadi tempat menginap bagi peserta.

Table top akan dimulai jam 19.00 WIB dengan mempertemukan peserta ATF sebagai buyer dan beberapa seller, travel agent, pengelola destinasi wisata dan usaha jasa pariwisata lainnya. Termasuk UKM yang bergerak di sektor pariwisata.

"Hari kedua bersepeda menyusuri area persawahan di antara Candi Sambisari sampai dengan Candi Prambanan sambil melihat dan mengikuti aktivitas masyarakat yang ada. Dilanjutkan ke pabrik bakpia Juwara Satoe dan berbelanja di Bucini," jelasnya.

Lebih lanjut dia menyampaikan koordinasi dengan dinas terkait masih terus dilakukan. Di antaranya dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Komunikasi dan Informasi, Satpol PP, Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Bagian Perekonomian, kapanewon dan kalurahan terkait.

"Serta pengelola destinasi, hotel dan resto, toko oleh-oleh, dan lainnya terus dilakukan untuk memastikan keberhasilan pelaksanaan kegiatan ini," lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Dispar Sleman Ishadi Yazid menyampaikan lokasi-lokasi tersebut dipilih karena wisata alam pedesaan menjadi unggulan dari Sleman. Sehingga para delegasi punya pengalaman berkunjung ke desa wisata.

"Dan mungkin tertarik, banyak desa wisata kita yang mempunyai panorama yang indah untuk healing dan lainya jadi kembali ke alam," kata Ishadi.

Koordinasi terus dilakukan dengan berbagai pihak yang terlibat. Dengan panitia, desa wisata yang akan dikunjungi termasuk menyiapkan warganya. "Warga sudah kami siapkan untuk menjamu itu sehingga nanti kan mereka semakin tertarik dengan keramahan masyarakatnya juga." 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Daya Beli Masyarakat Rendah, Indef Sebut Gara-gara Harga BBM Naik

News
| Selasa, 07 Februari 2023, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Kampung Batik Giriloyo yang Sempat Terpuruk Karena Gempa 2006

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 13:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement