Advertisement

Polairud Terima Kendaraan ATV dan UTV untuk Mendukung Pengamanan Pantai

Andreas Yuda Pramono
Minggu, 22 Januari 2023 - 07:57 WIB
Sunartono
Polairud Terima Kendaraan ATV dan UTV untuk Mendukung Pengamanan Pantai Pantai Parangtritis, Bantul, didatangi para wisatawan. - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Direktorat Polairud (Ditpolairud) Polda DIY mendapatkan hibah kendaraan ATV dan UTV dari PT. Mustika Tiara Sakti di Pos SAR Satlinmas Parangtritis pada Sabtu (21/1/2023). Hibah tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengamanan dan keamanan kawasan pariwisata Pantai Selatan.

Bintara Unit SAR Ditpolairud Polda DIY, Agustinus Bayu, mengatakan hibah tersebut sangat membantu ketugasan Ditpolairud.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

“Kendaraan tersebut dapat lebih membantu untuk pengamanan wisata atau lebih cepat bergerak apabila terjadi suatu laka laut,” kata Bayu dihubungi pada Sabtu (21/1/2023).

Selama ini, Ditpolairud dan SAR Satlinmas Wilayah III Parangtritis-Depok menggunakan motor dan berlari ketika sedang memperingatkan wisatawan atau dalam upaya penyelamatan.

“Pokoknya sangat membantu sekali. Kalau korban laka laut dapat segera dievakuasi dan segera dibawa ke bagian kesehatan di Pos kan bagus,” katanya.

Terangnya, selama ini kendaraan yang ada dan dapat digunakan untuk penyelamatan di laut hanya sebatas jet ski, mobil rantis, kapal karet dan kapal biasa.

Belum lama ini, empat remaja asal Sidoarjo terseret ombak ketika bermain air di Pantai Parangtritis. Petugas yang berjaga kemudian memberi pertolongan. Empat korban tersebut pun akhirnya selamat.

Kapolda DIY, Irjen Pol Suwondo Nainggolan, yang menerima dua kendaraan tersebut menyampaikan provinsi DIY khususnya kawasan Pantai Parangtritis merupakan salah satu destinasi wisata favorit bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

"Data Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul menunjukan bahwa pada tahun 2022 kawasan objek wisata Parangtritis masih menjadi tujuan favorit dengan jumlah kunjungan mencapai 2.363.900 wisatawan, sehingga situasi tersebut berpotensi meningkatkan terjadinya gangguan kamtibmas," kata Suwondo dalam keterangan tertulis.

Suwondo berharap dengan adanya bantuan kendaraan tersebut, maka Personil Ditpolairud Polda DIY dapat meningkatkan patrol di kawasan wisata Parangtritis. Dengan demikian, industri pariwisata di kawasan Pantai Parangtritis dapat berkembang lebih baik lagi.

Penyerahan kendaraan tersebut ditandai dengan penandatanganan berita acara dan prosesi penyiraman air yang diambil dari tujuh sumber mata air oleh Kapolda dan tamu undangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kantor Pemkot Magelang Dipasang Logo TNI, Wali Kota Minta Tinjau Ulang

News
| Sabtu, 04 Februari 2023, 12:37 WIB

Advertisement

alt

Kemegahan Desa Wisata Karangrejo Borobudur Menyimpan Kisah Menarik Bersama Ganjar

Wisata
| Sabtu, 04 Februari 2023, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement