Advertisement

Pemda DIY Berharap Pengendali Banjir YIA Dapat Lindungi Permukiman Warga

Sunartono
Senin, 30 Januari 2023 - 09:17 WIB
Sunartono
Pemda DIY Berharap Pengendali Banjir YIA Dapat Lindungi Permukiman Warga Jetty dibangun untuk mengendalikan banjir. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemda DIY memberikan penjelasan terkait proyek pengendali banjir di sekitar Yogyakarta International Airport (YIA). Proyek yang ditarget rampung pada 2023 ini telah berjalan sejaka 2021 silam sepenuhnya untuk mencegah kemungkinan adanya banjir di Kawasan YIA.

Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji menjelaskan Pemda DIY pada April 2021 silam telah menerbitkan surat pemberitahuan terkait rencana pembangunan prasarana pengendali banjir dan pengaman pantau kawasan YIA. Adapun pelaksana proyek sepenuhnya oleh Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak, Ditjen Sumber Daya Air, Kementerian PUPR.

Advertisement

“Maksud dari rencana pembangunan prasarana pengendali banjir dan pengaman pantai di kawasan YIA. Konkretnya membangun sistem pengendalian banjir di daerah aliran sungai [DAS] Serang dan Bogowonto,” katanya Minggu (29/1/2023).

Aji mengatakan pembangunan system pengendali tersebut tidak semata-mata untuk melindungi YIA akan tetapi juga secara umum seluruh di Kawasan tersebut dari dampak dan resiko banjir. Mulai dari melindungi permukiman masyarakat, lahan pertanian hingga fasilitas umum di kawasan strategis YIA. “Secara umum memang untuk mendukung kawasan strategis nasional Borobudur,” ujarnya.

Dengan adanya infrastruktur pengendali yang saat ini dibangun harapannya dapat meningkatkan rasa aman masyarakat terhadap ancaman banjir di sekitar YIA dan masyarakat secara umum di DAS kedua sungai tersebut. Selain itu dapat mengurangi kerugian sosial dan ekonomi masyarakat akibat daya rusak air pada saat terjadi banjir dan gelombang tinggi.

“Selain diharapkan dapat mengamankan fasilitas umum di YIA dan sekitarnya. Sehingga dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat, memperbaiki kondisi lingkungan. Termasuk untuk sektor pertanian dengan adanya pencegahan banjir maka produksi padi dan pertaniannya lainnya meningkat,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement