Advertisement

440 Anak Mitra Driver Gojek Lulus Pelatihan Bahasa Inggris Komprehensif

Media Digital
Selasa, 31 Januari 2023 - 18:57 WIB
Bhekti Suryani
440 Anak Mitra Driver Gojek Lulus Pelatihan Bahasa Inggris Komprehensif Lebih dari 440 anak Mitra dari 10 Kota di Indonesia mengikuti pelatihan Bahasa Inggris kerja sama Gojek dan Gramedia Academy yang sepenuhnya dibiayai Gojek - Ist

Advertisement

● Lebih dari 440 anak Mitra dari 10 Kota di Indonesia mengikuti pelatihan Bahasa Inggris kerja sama Gojek dan Gramedia Academy yang sepenuhnya dibiayai Gojek.

● Sejak 2016, Program Swadaya telah membantu jutaan Mitra Gojek serta Keluarga secara berkelanjutan.

Advertisement

Yogyakarta, 30 Januari 2023 – Memperingati momentum Hari Pendidikan Internasional yang jatuh setiap 24 Januari, Gojek & Gramedia Academy meresmikan kelulusan 440 anak mitra driver di program Pelatihan Bahasa Inggris komprehensif selama 3 bulan.

Program pendidikan soft skill ini telah dilaksanakan sejak November 2022 hingga Januari 2023 di 10 kota di Indonesia, seperti Bandung, Yogyakarta, Semarang, Solo, Sukabumi, Tasikmalaya, Serang, Cirebon, Karawang dan Purwokerto.

Program ini merupakan kolaborasi kesekian kalinya antara Gojek dan Gramedia Academy dalam konsistensinya memberikan dampak positif di bidang pendidikan. Tidak hanya itu, ELTI juga turut serta berkolaborasi sebagai penyelenggara kursus program pelatihan Bahasa Inggris Komprehensif di Tasik, Purwokerto, dan Yogyakarta.

Farid Isnawan selaku Strategic Regional Head Gojek Central, West Java & D.I.Y menyebutkan, “program pendidikan ini adalah bagian dari upaya Gojek untuk memberikan akses penghidupan keluarga mitra yang lebih baik di masa depan. Pada periode ini, Gojek menambah wilayah jangkauan penerima pelatihan hingga 10 kota. Sejak tahun 2017 sampai saat ini, lebih dari 600 anak mitra driver telah menerima kesempatan belajar dan lulus dengan prestasi.”

Secara konsisten, Gojek bekerja sama dengan Gramedia Academy sebagai lembaga pendidikan yang terakreditasi dengan menyediakan program pembelajaran yang berorientasi pada praktik serta implementasi yang dapat digunakan untuk menunjang kemampuan anak kedepannya.

Inisiasi ini merupakan wujud pengabdian Gojek dan Gramedia Academy kepada bangsa dengan memberikan kesempatan Pemuda-pemudi Indonesia untuk mengenyam pendidikan yang lebih baik.

Jerry Udampo selaku General Manager Gramedia Academy mengatakan, “Ketika berbicara tentang hari pendidikan internasional, tidak relevan jika tidak membicarakan juga soal pendidikan yang sifatnya internasional, yaitu bahasa inggris. Program pendidikan bahasa Inggris yang dipilih Gojek itu sudah tepat sekali.

Dengan menggunakan metode communicative teaching, anak-anak mitra driver dapat membangun pondasi berbahasa Inggris yang dapat digunakan sebagai landasan mereka untuk bisa mendalami lebih lanjut kemampuan ini. “Dari sekian banyak program Gojek yang berdampak pada stakeholders-nya, program pemberdayaan dengan pendidikan ini selaras dengan visi Kompas Gramedia yaitu mencerahkan kehidupan bangsa. Kami Gramedia Academy sangat bangga untuk bisa ikut berkolaborasi.” lanjut Jerry.

Antusias Ratusan Anak Mitra Gojek ikut Seleksi

Untuk mendapatkan kesempatan kursus ini, ratusan anak mitra telah mengikuti seleksi yang dilakukan sejak awal Oktober 2022 dan mengikuti placement test untuk penempatan kelas bahasa Inggris sesuai hasil tes. Rangkaian proses seleksi bagi calon penerima pelatihan mencakup seleksi bagi mitra driver (performa, kejujuran, dan loyalitas) dan seleksi bagi anak mitra driver (motivasi serta seleksi kemampuan akademis). Program ini secara berkala diadakan dan merupakan bagian dari program Gojek Swadaya yang berfokus mendorong peningkatan taraf hidup mitra driver dan keluarga.

“Memiliki kemampuan berbahasa asing terutama bahasa Inggris merupakan hal yang perlu ditanamkan sejak dini karena Bahasa Inggris merupakan bahasa standar internasional. Dengan kursus bahasa Inggris, bukan hanya kemampuan memahami saja yang bisa kita peroleh, tetapi juga kemampuan berbicara, mendengar, membaca, menulis, dan menyusun kata berbahasa Inggris secara baik,” ujar Farid.

Selama 3 bulan, anak mitra akan mendapatkan program pendidikan komprehensif seperti writing, listening dan juga conversation yang membantu mereka dalam menguasai bahasa Inggris. Di setiap akhir pembelajaran, anak mitra diminta untuk menyelesaikan beberapa tes untuk mengukur kemajuannya berbahasa.

Lebih lanjut, Gojek berharap keterampilan ini dipercaya bisa membantu anak mitra menjadi talenta era digital yang bisa beradaptasi dengan dunia kerja masa depan. Bagian dari program Gojek Swadaya yang berkelanjutan.

Sejak diluncurkan tahun 2016, program Gojek Swadaya terus berupaya untuk mendorong peningkatan taraf hidup mitra driver dan keluarga. Selain meringankan biaya pendidikan untuk anak mitra driver, ragam inisiatif di Gojek Swadaya diutamakan untuk:

● Meringankan beban operasional mitra driver melalui pulsa murah, diskon perawatan kendaraan, subsidi belanja harian, dan paket makan murah.

● Melindungi mitra driver melalui berbagai program asuransi tambahan menyeluruh menyuruh untuk mitra dan keluarga, di antaranya perlindungan kecelakaan, kesehatan dan aset mitra (handphone, kendaraan, dan atribut). Ini diluar dari asuransi kecelakaan kerja yang ditanggung bila mitra driver mengalami kecelakaan saat membawa penumpang.

● Menyediakan akses untuk dapat merencanakan dan mengelola keuangan dan masa depan dengan baik melalui program tabungan, pinjaman, dan cicilan KPR terjangkau.

Adapun ragam inisiatif bermanfaat dari program Gojek Swadaya dapat terealisasi melalui dukungan banyak pihak, di antaranya melalui kerja sama dengan mitra-mitra perusahaan dan biaya jasa aplikasi yang dibayarkan oleh pelanggan Gojek.

Sejak 2016, Program Swadaya telah membantu jutaan Mitra Gojek serta Keluarga secara berkelanjutan.Ramadhan, Mitra Gojek Bandung menyampaikan apresiasinya.

”Saya bersyukur dan merasa terbantu dengan program ini. Bagi saya dan keluarga, pendidikan merupakan hal yang utama. Anak saya bisa belajar dengan baik dan saya bisa terus mengupayakan hal yang terbaik untuknya.”

“Terima kasih Gojek dan Gramedia Academy, karenanya saya bisa menyimpan dana lainnya untuk kebutuhan pendidikan selanjutnya di masa yang akan datang.”

Selain memberikan kesempatan belajar untuk keterampilan non-akademis, Gojek setiap tahunnya membuka kesempatan untuk anak mitra driver untuk melanjutkan pendidikan di Politeknik yang berfokuskan pada dunia kerja. Kesempatan tersebut berupa beasiswa selama 3 tahun yang sepenuhnya ditanggung oleh Gojek. Semua inisiatif yang dilakukan Gojek pada bidang pendidikan memiliki tujuan dalam menaikkelaskan kesejahteraan mitra driver dan keluarganya.

Untuk informasi lebih lengkap terkait dengan program Beasiswa Gojek sekaligus cerita inspiratif para penerima beasiswa dapat dilihat di microsite resmi www.gojek.com/beas (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Yusril Serahkan Berkas Putusan Asli MK ke Prabowo Subianto

News
| Selasa, 23 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement