Advertisement

Forpi Jogja Soroti Isu Penculikan Anak: Harus Ada Jaminan Keselamatan

Yosef Leon
Jum'at, 03 Februari 2023 - 08:17 WIB
Sunartono
Forpi Jogja Soroti Isu Penculikan Anak: Harus Ada Jaminan Keselamatan Ilustrasi anak telantar - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Forum Pemantau Independen (Forpi) Kota Jogja berharap sekolah mampu mengoptimalkan penyelenggaraan keamanan dan keselamatan murid saat berada di lingkungan satuan pendidikan. Apalagi dengan dikeluarkannya dua surat edaran oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga setempat baru-baru ini. 

"Surat Edaran tersebut dapat dilaksanakan oleh satuan pendidikan yang di Kota Jogja dengan sebaik-baiknya. Dengan harapan, keamanan dan kenyamanan para siswa mulai datang hingga pulang sekolah dapat terjamin," kata Baharuddin Kamba, Anggota Forpi Kota Jogja, Kamis (2/2/2023).

Advertisement

Dia menyebut, dalam salah satu poin pada surat edaran itu yakni pada saat jam pelajaran berakhir/kepulangan, petugas keamanan atau satpam melakukan pengawasan apabila ada orang yang gerak geriknya mencurigakan. Selain itu dalam SE 421/269 tersebut diatur pula, bahwa siswa datang dengan berjabat tangan atau menganggukkan kepala dengan tangan berada di dada (salam namaste). 

Sementara pada saat jam kepulangan petugas keamanan harus mengetahui orang-orang atau keluarga yang biasa mengantar jemput murid agar tidak terjadi siswa dijemput oleh orang yang tidak bertanggungjawab khususnya untuk siswa SD. 

"Kami berharap dua Surat Edaran yang dikeluarkan itu tidak sekadar dijadikan woro-woro tetapi harus betul-betul ditegakkan dengan penuh tanggungjawab oleh pihak sekolah masing-masing," katanya. 

Forpi Kota Jogja mengaku akan melakukan pemantauan terkait pelaksanaan atas Surat Edaran tentang Peningkatan Kewaspadaan dan Keamanan di Lingkungan Sekolah tertanggal 1 Februari 2023 itu. 

"Hal ini sebagai tindaklanjut antisipasi atas dugaan percobaan penculikan anak di Kemanteran Mantrijeron Kota Jogja belum lama ini. Forpi Kota Jogja mendukung dan siap mengawal imbauan dan SOP tersebut," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Dinkes DIY Mewaspadai Sebaran Flu Singapura

Dinkes DIY Mewaspadai Sebaran Flu Singapura

Jogjapolitan | 36 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Badan Geologi Menyebut Ketinggian Tsunami Akibat Erupsi Gunung Ruang Diprediksi hingga 25 Meter

News
| Kamis, 18 April 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement