Advertisement

7 Singkatan Nama Jalan di Jogja, Lebih Populer Dibanding Kepanjangannya

Bernadheta Dian Saraswati
Jum'at, 03 Februari 2023 - 15:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
7 Singkatan Nama Jalan di Jogja, Lebih Populer Dibanding Kepanjangannya Suasana lalu lintas Jalan Parangtritis, Bantul, Selasa (4/6/2019).- Harian Jogja - Salsabila Annisa Azmi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Masyarakat Jogja menyebut beberapa nama jalan cukup dengan singkatannya. Bahkan nama singkatan ini cenderung lebih dikenal daripada nama asli atau kepanjangannya. 

Seperti Jakal. Masyarakat Jogja pasti akan langsung paham bahwa Jakal adalah Jalan Kaliurang, yang merupakan ruas jalan yang membentang dari Manna Kampus hingga kawasan Kaliurang. 

Advertisement

Tujuan penyingkatan ini adalah agar lebih ringkas, padat, dan jelas. 

Baca juga: Seru! Ini Detail Paket Wisata Pre-Tour & Post Tour yang Ditawarkan untuk Delegasi ATF 2023

Berikut ini 10 singkatan nama jalan dan daerah di Jogja yang sudah dikenal dan populer di masyarakat:

1. Monjali

Saat mengatakan daerah Monjali, masyarakat Jogja sudah paham bahwa yang dimaksud adalah kawasan yang berdekatan dengan Monumen Jogja Kembali. Membentang di Jalan Monjali mulai Ring Road Utara ke selatan hingga Jalan AM Sangaji.

2. Jakal

Jakal adalah akronim dari Jalan Kaliurang. Anak-anak mahasiswa di Sleman tentu sangat familiar dengan wilayah ini karena menjadi jalan favorit saat akan berangkat kuliah ke Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan sekitarnya. Jalan ini membentang mulai dari titik nol Jakal di perempatan Mirota Kampus atau yang sekarang Manna Kampus hingga wilayah Kaliurang.

3. Jamal

Selain Jakal, ada pula Jamal yaitu Jalan Magelang yang membentang mulai dari daerah Pingit ke utara. Jalan ini menghubungkan antara Jogja dengan Magelang yang melewati beberapa kantor besar dan pusat perbelanjaan. Seperti Kantor TVRI, Jogja City Mall (JCM), Sleman City Hall, hingga Polres Sleman.

4. Wonsa

Tak hanya di pusat kota, Gunungkidul pun juga punya singkatan nama jalan yang cukup terkenal yakni Wonsa. Wonsa merupakan akronim dari Wonosari. Tidak hanya Jalan Wonosari, kata Wonsa juga sering dipakai untuk menunjuk kotanya Bumi Handayani ini.

5. Japar

Selain Jakal dan Jamal, ada pula Japar yang merupakan akronim dari Jalan Parangtritis. Mahasiswa Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta pasti sudah hafal karena kampus mereka terletak di tepi jalan ini. Membentang mulai dari Pojok Beteng Timur hingga Pantai Parangtritis, jalan ini juga sangat dikenal para pengendara bus wisata yang hendak menuju kawasan pantai selatan.

6. Tamsis

Tamsis juga menjadi singkatan nama jalan dan daerah yang sudah tak asing lagi di telinga masyarakat Jogja. Kepanjangannya adalah Taman Siswa. Keberadaaan nama jalan yang cukup populer ini tidak lepas dari adanya padepokan milik Ki Hadjar Dewantara bernama Taman Siswa yang ada di ruas jalan tersebut.

7. Jaim

Bukan jaga image, Jaim menurut orang Jogja adalah Jalan Imogiri. Jalan Imogiri merupakan salah satu ruas jalan yang ada di Imogiri, Bantul. Jalan ini membentang mulai dari Bantul di dalam area Ring Road hingga Imogiri. Saat memasuki wilayah Imogiri, jalanan ini teduh dan asri karena banyak pohon-pohon dan tanaman hijau di kanan kirinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Setelah Lima Hari, 2 Wisatawan yang Berenang di Zona Hahaya Pangandaran Ditemukan Tewas

News
| Rabu, 24 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement