Advertisement

Pedagang Teras Malioboro 1 Dilibatkan pada Peringatan Bulan K3

Media Digital
Selasa, 07 Februari 2023 - 23:47 WIB
Budi Cahyana
Pedagang Teras Malioboro 1 Dilibatkan pada Peringatan Bulan K3 Rangkaian peringatan bulan K3 di wilayah DIY yang tahun ini mengusung tema terwujudnya pekerjaan layak yang berbudaya K3 guna mendukung keberlangsungan usaha di setiap tempat kerja. - Harian Jogja

Advertisement

JOGJA—Forum Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) DIY melibatkan para pedagang di Teras Malioboro 1 untuk ikut serta dalam peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang berlangsung pada Januari sampai Februari 2023. Keterlibatan pedagang di Teras Malioboro ditunjukkan dengan penyelenggaraan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan K3 di lokasi tersebut. 

"Upaya menggandeng pedagang di Teras Malioboro 1 ini dalam rangka sosialisasi dan ajakan untuk ikut serta dalam peringatan K3, ini juga bertepatan dengan peringatan satu tahun berdirinya Teras Malioboro 1," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DIY Aria Nugrhadi, Selasa (7/2/2023). 

Advertisement

Aria menjelaskan aspek K3 sangat erat kaitannya dengan produktivitas. Oleh karena itu pelibatan pedagang dalam peringatan itu diharapkan membuat para pelaku usaha di kawasan Teras Malioboro 1 terus berkembang. Apalagi potensi kecelakaan kerja maupun pengoptimalan budaya kesehatan dalam lingkungan kerja berlaku menyeluruh baik di sektor formal maupun informal. 

"Yang perlu diketahui itu adalah potensi kecelakaan kerja itu sama baik di sektor formal dan informal. Masing-masing punya potensi terhadap kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja, tentu perlu langkah preventif dan edukatif, sehingga kolaborasi ini cukup strategis," katanya. 

Ketua Panitia Forum K3 DIY Prima Bagus Indarjaya mengatakan keterlibatan pedagang di Teras Malioboro 1 dalam peringatan bulan K3 ini menunjukkan bahwa sasaran sosialisasi dan edukasi dalam meminimalkan kecelakaan kerja pun harus menyasar kalangan pekerja non formal. 

"Karena ada 800-an tenant yang ada di Teras Malioboro 1 dan itu perlu disentuh. Kami mendukung dan mendorong supaya ada kegiatan yang sifatnya berkaitan dengan kesehatan dan keselamatan kerja di kawasan ini," kata Prima. 

Adapun sejumlah aktivitas maupun program yang dilaksanakan kepada para pedagang di kawasan Teras Malioboro 1 itu nantinya dimulai pada 10 Februari mendatang berupa pelatihan kebakaran dan P3K bagi perwakilan tenant UMKM, pemeriksaan kesehatan bagi pekerja formal dan pekerja non formal (UMKM) di Teras Malioboro dan sekitarnya, donor darah bagi pekerja formal, pekerja non formal dan pengunjung sekitar kawasan Teras Malioboro serta uji alat bagi industri kecil menengah.

"Rangkaian peringatan K3 sudah dimulai sejak 20 Januari lalu dengan beragam agenda dan melibatkan banyak pihak mulai dari kampus dan lain sebagainya. Tema kita tahun ini yakni terwujudnya pekerjaan layak yang berbudaya K3 guna mendukung keberlangsungan usaha di setiap tempat kerja," ujar dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kementerian PUPR Tuntaskan Infrastruktur Air di IKN

News
| Senin, 29 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement