Advertisement

HPN 2023, Ini yang Diharapkan Pelaku Usaha

Media Digital
Rabu, 08 Februari 2023 - 20:17 WIB
Budi Cahyana
HPN 2023, Ini yang Diharapkan Pelaku Usaha Talkshow peringatan Hari Pers Nasional 2023. - Harian Jogja

Advertisement

JOGJA—Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 diharapkan menjadi pemicu lahirnya media yang lebih berkualitas dan bertanggung jawab. Peran media dalam menciptakan stabilitas dan menumbuhkan kepercayaan publik, seperti pada pertumbuhan ekonomi, sangat diperlukan.

Manajer Hotel Cordela Kartika Dewo Malioboro Jameswatt Daeli berharap di era digital ini peran media masih sangat vital, terutama untuk membendung informasi-informasi yang tidak sesuai dengan fakta alias hoaks yang berdampak pada stabilitas. Oleh karenanya, sebagai penyalur informasi, media diharapkan tetap memberitakan pemberitaan yang berdasarkan fakta untuk menjaga kepercayaan publik.

Advertisement

"Harapannya untuk insan pers Indonesia dan media di DIY pada khususnya adalah menjadi mitra dengan instansi pemerintah, pelaku pariwisata serta masyarakat dalam penyampaian informasi yang akurat, cermat dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya guna kemajuan bersama," katanya kepada Harian Jogja, Rabu (8/2/2023).

Hal senada disampaikan Kapala Cabang JNE Jogja Adi Subagyo. Menurutnya, secara kelembagaan media harus terus menjadi media yang profesional, kreatif dan menyajikan konten yang berkualitas. Informasi yang disampaikan jangan hanya mengejar clickbait. "Yang seperti-seperti itu dikurangi agar literiasi masyarakat juga bagus," harapnya.

Adi juga berharap media banyak berperan dalam memberitakan pelaku UMKM dan ekonomi kreatif. Tujuannya agar produk-produk UMKM bisa dikenal lebih luas oleh masyarakat. Jika itu terjadi, maka perekonomian akan terus tumbuh dan daya beli masyarakat tetap terjaga.

"Kita masih ingat bagaimana krisis 1998 UMKM justru menopang perekonomian negara. Media berperan penting juga untuk membantu UMKM meningkatkan penjualannnya apalagi di era digital seperti saat ini," ujar Adi.

Terpisah, Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) DIY Anton Wahyu Prihartono mengatakan peringatan HPN 2023 menjadi penyemangat para insan pers untuk menyajikan konten yang berkualitas di tengah derasnya disinformasi yang beredar di masyarakat. "Ini menjadi salah satu tantangan pers di era digital. Bagaimana pers bisa terus menyajikan konten yang sehat dan berkualitas, tetap menginspirasi pembacanya," kata Anton.

Saat ini, katanya, banyak media yang mencoba bertransformasi menjadi media digital namun belum menyentuh pada substansi bisnis sebagai media digital. Di sini, media juga dituntut untuk memahami kebutuhan pasar dengan memproduksi berita sesuai dengan target pasar dan platform media. 

"Tren ini juga harus dipahami oleh pengelola industri media. Bagaimana mencari model bisnis yang tepat dan sesuai dengan segmen. Tentunya perubahan ini membutuhkan sebuah kreativitas dan inovasi dalam menciptakan konten yang berkualitas," ujar Anton.

Kegiatan HPN

Ketua Panitia HPN 2023 Harian Jogja, M. Hasbi Rizqur mengatakan perayaan HPN 2023 di Harian Jogja dilaksanakan dengan berbagai kegiatan. Salah satunya, kegiatan CSR dengan pemberian bingkisan kepada teman-teman pekerja media yang diundang dalam Talkshow Peran Media Massa bagi Pertumbuhan Ekonomi di Hotel Cordela Kartika Dewi Malioboro.

"Dalam rangkaian kegiatan ini kami juga menyelenggarakan donor darah untuk umum sebagai salah satu wujud dari pers untuk masyarakat," katanya.

Donor darah dimulai pukul 08.00 hingga 12.00 dan talkshow dilaksanakan di sela-sela kegiatan donor darah pukul 10.00-11.00 WIB. Selain itu, akan ada penyerahan simbolik bingkisan kepada tamu undangan. "Talkshow nanti akan membahas bagaimana peran media masa terutama di era digital ini dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia," katanya.

Eko Mujianto, Corporate Communication PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk atau Alfamart mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Alfamart untuk membantu masyarakat yang tidak mampu. Maka dari itu, pihaknya sangat mendukung atas program-program yang sangat bernilai positif sebagai bentuk sinergi antara korporasi dengan media Harian Jogja.

“Semoga bantuan bingkisan ini dapat bermanfaat dan semakin terjalin erat kerjasama ini, juga berdampak positif bagi Alfamart dan Harian Jogja,” katanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gelombang I Pemberangkatan Jemaah Calon Haji ke Tanah Suci Dijadwalkan 12 Mei 2024

News
| Jum'at, 19 April 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement