Advertisement

Harian Jogja

Spesialis Pembobol Rumah Kosong Gunakan Jaket Ojol untuk Kelabui Petugas

Hadid Husaini
Kamis, 09 Februari 2023 - 11:27 WIB
Sunartono
Spesialis Pembobol Rumah Kosong Gunakan Jaket Ojol untuk Kelabui Petugas Polisi memperlihatkan dua tersangaka pembobolan rumah saat konferensi pers di Mapolres Bantul, Selasa (7/2/2023) - Dok Polres Bantul

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Satreskrim Polres Bantul berhasil membekuk kawanan pencuri spesialis rumah kosong. Para penjahat tersebut melakukan aksinya di beberapa tempat saat pemilik rumah sedang bepergian.

Adapun penangkapan dilakukan saat pelaku yang berjumlah tiga orang melakukan aksinya di rumah korban Desa Cebongan, Kalurahan Bangjiwo, Kapanewon Kasihan, Selasa (7/2/2023).

Advertisement

BACA JUGA:  TelkomClick 2023: Kesiapan Kerja Karyawan dalam Sukseskan Strategi Five Bold Moves di Tahun 2023

“Tersangka menggasak harta dan perhiasan korban dengan total kerugian mencapai Rp65 Juta,”ujar Kapolres Bantul AKBP Ihsan saat melakukan konferensi pers di Polres Bantul, Selasa.

Polisi berhasil menemukan sejumlah barang bukti berupa senjata api (senpi) yang menurut kepolisian mirip dengan yang dipakai polisi. Selain itu terdapat juga barang bukti berupa jaket ojek online (ojol) yang dipakai pelaku untuk mengelabui petugas.

"Dari tersangka kami berhasil mengamankan senjata api lengkap bersama amunisi. Kami akan bawa ke labfor untuk memastikan jenisnya apa," ujarnya

Menurut keterangan Polisi, pelaku baru pertama kali melancarkan tindakan tersebut. Sebelumnya sudah ada empat rumah kebobolan yang menjadi korban. Adapun jadian terakhir menjadi yang kelima kalinya pelaku beroperasi.

Dari ketiga melaku, dua diantaranya adalah bukan asli Bantul ataupun Yogyakarta. Pelaku yang berhasil diamankan terdapat dua orang yaitu berinisial M, 24, yang merupakan warga Bengkulu dan BH, 34, seorang residivis di Sumatera Selatan. Sedangkan pelaku yang berhasil kabur berinisial JS yang berperan dalam penentuan lokasi.

Kedua tersangka yakni BH dan JS dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan. Namun untuk tersangka IM, pidana yang akan dijatuhi dengan pasal berlapis yaitu pasal 1 ayat 2 UU Darurat Nomor 12 tahun 1951 terkait kepemilikan senjata api dengan ancaman kurungan seumur hidup dan denda Rp20 juta.

BACA JUGA:  Finnet Dukung Digitalisasi Sistem Pembayaran Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja
Baca Koran harianjogja.com

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Apkasi Gelar Anugerah Jurnalistik 2023

News
| Jum'at, 31 Maret 2023, 01:07 WIB

Advertisement

alt

Deretan Warung Sate di Seputaran Imogiri, Serbu Saat Buka Puasa!

Wisata
| Kamis, 30 Maret 2023, 12:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement