Advertisement

Bangunan Relokasi Pasar Hewan Palemsari Prambanan Roboh Diterjang Hujan

Lugas Subarkah
Senin, 13 Februari 2023 - 00:17 WIB
Sunartono
Bangunan Relokasi Pasar Hewan Palemsari Prambanan Roboh Diterjang Hujan Sejumlah los di relokasi Pasar Hewan Palemsari, Kalurahan Bokoharjo, Kapanewon Prambanan, roboh akibat hujan dan angin pada Sabtu (12/2/2023). - istimewa BPBD Sleman

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Sejumlah kios tempat relokasi Pasar Hewan Palemsari, Kalurahan Bokoharjjo, Kapanewon Prambanan, Sleman roboh diterjang hujan dan angin kencang pada Sabtu (12/2/2023) siang. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Lurah Bokoharjo, Dody Heriyanto, menjelaskan robohnya pasar tersebut sekitar pukul 13.30 WIB, saat angin sedang kencang-kencangnya. Saat roboh, masih ada beberapa pedagang dan beberapa orang yang berteduh di tempat tersebut.

Advertisement

Beruntung orang yang masih berada di lokasi bisa lari sesaat sebelum bangunan roboh, sehingga tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. “Tapi ada delapan motor yang terjebak di dalam, ada yang membawa sangkar burung,” ujarnya saat dihubungi, Minggu (12/2/2023).

Ada sebanyak tiga unit los yang roboh, dari total sebanyak 12 los. Pasar tersebut beroperasi dari pagi hingga siang, sehingga saat kejadian, banyak pedagang yang sudah pulang. Pasca kejadian, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman dan warga sudah mengevakuasi material yang roboh.

Ia menuturkan tempat tersebut merupakan tempat relokasi para pedagang karena pasar yang semula ditempati sedang dalam proses renovasi. “Dulu juga ditempati pedagang Pasar Prambanan saat Pasar Prambanan direnovasi, sekarang ditempati pedagang pasar hewan,” ungkapnya.

Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sleman, Tina Hastani, mengatakan ada sekitar 150 pedagang yang saat ini menempati tempat relokasi Pasar Hewan Palemsari. “Total ada 12 los, yang roboh tiga,” ujarnya.

Terkait hal tersebut, pihaknya memastikan akan segera memperbaiki los yang roboh. “Senin besok kami koordinasikan dengan berbagai OPD. Untuk perbaikan pasti kita perbaiki karena di sana masih dipakai aktifitas perdagangan,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Es Krim Magnum Ditarik karena Mengandung Plastik dan Logam, Ini Kata BPOM

News
| Rabu, 24 April 2024, 17:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement