Advertisement

Kantor Tri Suaka Kemalingan, Ternyata Ini Pelaku dan Modusnya...

Lugas Subarkah
Rabu, 15 Februari 2023 - 18:57 WIB
Arief Junianto
Kantor Tri Suaka Kemalingan, Ternyata Ini Pelaku dan Modusnya... Pelaku pencurian di kantor manajemen Tri Suaka (tengah) dihadirkan saat jumpa pers, Rabu (15/2/2023). - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN — Penyanyi sekaligu youtuber Tri Suaka kemalingan. Sebanyak tiga unit kamera dan stabilizer milik manajemennya digondol maling yang ternyata adalah mantan karyawannya sendiri. 

Kapolsek Ngaglik, Kompol Anjar Istriani, menjelaskan pelaku adalah Irfan Candra, 22, warga Gunungkidul. Pencurian tersebut tidak dilakukan secara langsung oleh pelaku, melainkan dengan memesan jasa ojol dan mengelabui petugas keamanan.

Advertisement

“Sekitar jam 03.30 WIB, driver ojol [ojek daring] datang ke kantor dan bilang ke petugas keamanan akan mengambil kamera yang mengatasnamakan Erygo [karyawan lain], kemudian driver melakukan video call dengan pelaku,” katanya.

Melalui video call tersebut, pelaku mengarahkan driver untuk naik ke lantai II, mengambil kunci dan mengambil sejumlah kamera dan alat-alat lainnya. Barang yang diambil meliputi kamera Sony A6400, dua kamera Sony A7 Mark1, dua lensa Sony 35 mm APSC, Lensa Sony 50 mm full frame, lensa Sony type 24-70 mm full frame dan stabilizer Zhiyun Weeblis.

BACA JUGA: Tri Suaka Kemalingan 3 Kamera, Nilainya Capai Rp70 Juta

Panit Reskrim Polsek Ngaglik, Ipda YS Udin, mengatakan pelaku memesan ojol tersebut dari Stasiun Tugu dan bertemu usai driver berhasil mengambil barang-barang pesanannya. “Kami mengikuti jejak CCTV driver tersebut hingga ke Stasiun Tugu dan bertemu pelaku,” ujar dia.

Meski demikian, dia memastikan driver ojol tidak mengetahui jika pesanan tersebut adalah modus pencurian. Setelah berhasil mendapatkan barang-barang yang diinginkan, pelaku kemudian bersembunyi di beberapa hotel. Pelaku juga sempat menjual sebuah kamera beserta satu lensa seharga Rp2 juta.

Saat ditanyai wartawan, pelaku mengaku terpaksa mencuri barang-barang tersebut untuk memenuhi kebutuhan hidup karena tidak kunjung mendapat pekerjaan. “Untuk kebutuhan sehari-hari, buat makan keluarga, kan saya anak pertama orang tua juga tua,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejagung Tetapkan 5 Tersangka Baru Kasus Korupsi Timah, Bos Maskapai Penerbangan Terlibat

News
| Sabtu, 27 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement