Advertisement

Kantor Imigrasi Yogyakarta Beri Pelayanan Passport Sameday Services

Media Digital
Sabtu, 18 Februari 2023 - 18:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Kantor Imigrasi Yogyakarta Beri Pelayanan Passport Sameday Services Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DIY Agung Rektono Seto (pertama dari kiri) bersama Kepala Kantor Imigrasi Yogyakarta Najarudin Safaat (ketiga dari kiri) dalam pelayanan paspor simpatik dengan Sameday Passport Services di ULP Lippo Plaza Jogja, Sabtu (18/2/2023). - Harian Jogja/Stefani Yulindriani

Advertisement

JOGJA–Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) DIY menyelenggarakan pelayanan paspor simpatik dengan percepatan paspor pada hari yang sama melalui layanan Sameday Passport Services. 

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DIY Agung Rektono Seto menyampaikan layanan percepatan paspor merupakan opsi bagi pemohon paspor yang memerlukannya dalam waktu singkat. “Ini opsi, tidak wajib, [pemohon] punya pilihan menggunakan paspor yang reguler atau paspor yang one day service,” ucapnya di Unit Layanan Paspor (ULP) Lippo Plaza Jogja, Sabtu (18/2/2023). 

Advertisement

Agung menyampaikan sebagian masyarakat memiliki kebutuhan mendapatkan paspor dengan cepat, misalnya bagi pebisnis atau yang memerlukannya untuk berobat. Sedangkan, setiap hari ada banyak pemohon paspor, sehingga permohonan paspor reguler memakan waktu empat hari. Untuk mempermudah pelayanan bagi mereka yang memerlukan paspor dalam waktu singkat, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta membuka layanan Sameday Passport Services. 

Selain itu, Agung menyampaikan pelayanan tersebut juga dilakukan untuk menghindari calo pembuatan paspor. “Selama ini kan ada pihak yang menawarkan cepat jadi, tapi ada biaya tambahan. Ini berbeda dengan paspor reguler, tapi semua akan disetor ke kas negara, jadi mengurangi pencalonan,” imbuhnya.

Pemohon dapat mengakses layanan tersebut dengan membayar biaya tambahan percepatan paspor Rp1 juta. Dengan biaya permohonan paspor reguler non elektronik Rp350.000 dan paspor reguler elektronik Rp650.000. 

Dengan biaya tersebut, maka pemohon akan mendapatkan paspor dalam hari yang sama saat pengajuan permohonan paspor tersebut.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ditanya soal Kemungkinan Maju di Pilkada, Kaesang Memilih Ini

News
| Jum'at, 26 April 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement