Advertisement

Dosen UII Hilang, Jejak Digital Terakhirnya Terlacak di Turki

Anisatul Umah
Sabtu, 18 Februari 2023 - 12:17 WIB
Sunartono
Dosen UII Hilang, Jejak Digital Terakhirnya Terlacak di Turki Dosen FTI UII Ahmad Munasir Rafie Pratama. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Dosen Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta Ahmad Munasir Rafie Pratama (AMRP) dikabarkan hilang sejak pekan lalu. AMRP belum diketahui keberadaanya setelah mengikuti kegiatan di University of South-Eastern Norway (USN).

Rektor UII Profesor Fathul Wahid menjelaskan UII telah berupaya menghubungi banyak pihak untuk membantu mencari keberadaan Rafie. Di antaranya menyampaikan informasi kepada KBRI di Norwegia dan Turki, termasuk mengontak panitia konferensi di Jeddah yang memesankan tiket penerbangan.

Advertisement

BACA JUGA : Dosen UII Dilaporkan Hilang Saat Pulang dari Norwegia

Tak hany itu, UII juga telah menghubungi Turkish Airline di Oslo untuk memastikan bahwa AMRP telah naik pesawat. Karena ketiadaan nomor referensi pemesanan tiket, pelacakan tidak mudah dilakukan. Pelacakan juga dilakukan dengan memindai aktivitas daring.

“Terdapat jejak aktivitas daring di Turki pada 13 Februari 2023 sekitar pukul 03.00 dan 08.00. Setelah itu, tidak ada jejak daring yang dapat dilacak. Saat ini, pihak UII masih menunggu informasi dari kantor Turkish Airline di Jakarta untuk membantu memastikan kota persinggahan terakhir,” kata Fathul lewat keterangan resminya, Sabtu (18/2/2023).

UII terus melacak dengan berbagai cara dan berkoordinasi dengan banyak pihak. UII memohon doa dari seluruh pihak agar keberadaan AMRP segera diketahui, dalam kondisi sehat dan baik.

"UII mengimbau kepada para pihak yang memiliki informasi terkait keberadaan AMRP untuk menghubungi nomor Whatsapp Humas UII 0821 3173 7773," ujarnya.

BACA JUGA : Dosen UII Hilang Saat Pulang dari Norwegia, Ini Kronologi Lengkapnya

Rafie tergabung dalam kegiatan mobilitas global ini tim UII terdiri dari empat orang termasuk dirinya. Aktivitas di USN berlangsung selama satu pekan sejak 5 Februari - 12 Februari 2023.

BACA JUGA : Dosen UII Hilang Saat Pulang dari Norwegia, Ini Kronologi Lengkapnya

Tim ini meninggalkan Norwegia melalui bandara Oslo. Perjumpaan terakhirnya dengan AMRP di Oslo, Norwegia pada malam 11 Februari 2023. Tim terbagi dalam tiga penerbangan berbeda. AMRP sendirian dalam penerbangan kembali ke Indonesia, melalui Istanbul, Turki.

"Menurut rencana yang tersampaikan secara lisan, rute perjalanannya adalah Oslo-Istanbul-Riyadh-Istanbul-Jakarta. AMRP tidak berbagi informasi penerbangan detail kepada kolega di UII dan juga kepada istrinya," kata Rektor.

Perjalanan ke Riyadh dilakukan karena sebagian tiket ditanggung oleh pihak panitia konferensi di Arab Saudi. Sebelum ke Oslo, AMRP memberikan pidato kunci pada konferensi internasional di Jeddah.

"AMRP mengirimkan pesan terakhir kepada istrinya pada 12 Februari 2023 siang, beberapa saat sebelum menaiki pesawat ke Istanbul yang berbunyi: ‘menunggu boarding," ujarnya.

Sejak saat itu, AMRP tidak pernah mengirimkan pesan lagi. Beragam upaya mengontak melalui beragam kanal daring, termasuk email, diupayakan, tetapi belum satupun yang direspons oleh AMRP. Menurut informasi lisan yang diberikan AMRP dan dikuatkan dengan pesan WhatsApp kepada istri, AMRP akan mendarat di Jakarta pada 16 Februari 2023 jam 18.00.

"Adik AMRP menunggu di pintu kedatangan dan tidak mendapati yang bersangkutan. Setelah melakukan konfirmasi ke Angkasa Pura, nama AMRP tidak ada dalam manifes penerbangan tersebut," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jamaika Resmi Mengakui Kedaulatan Palestina

News
| Kamis, 25 April 2024, 10:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement