Advertisement

PDIP DIY Buka Kans Usung Tokoh Luar Partai di Pilkada Jogja

Yosef Leon
Kamis, 23 Februari 2023 - 22:17 WIB
Bhekti Suryani
PDIP DIY Buka Kans Usung Tokoh Luar Partai di Pilkada Jogja Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA— DPD PDIP DIY membuka peluang untuk mengusung tokoh atau sosok eksternal di luar kader partai berlambang banteng itu untuk diusung dalam perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 yang sedianya dilaksanakan 27 November 2024 mendatang. 

Sekretaris DPD PDIP DIY Totok Hadi Santoso mengatakan, pihaknya terbuka terhadap berbagai macam kemungkinan yang akan ditempuh dalam memenangkan Pilkada serentak 2024 mendatang. Termasuk strategi menggaet tokoh eksternal partai untuk diusung menjadi calon kepala daerah. 

Advertisement

"Tentu kita tidak menutup kemungkinan untuk mengusung orang di luar yang berhaluan dan berideologi sama dengan kita," kata Totok, Kamis (23/2/2023). 

Diketahui dua wilayah di DIY akan melangsungkan Pilkada serentak pada 2024 mendatang yaitu Kota Jogja dan Kulonprogo. Pada Pemilu 2019 silam catatan BPS menyatakan bahwa PDIP mengantongi suara sebanyak 654,09 ribu atau 29,94% dari total suara sah di DIY. 

Menurut Totok sampai sekarang pihaknya belum menentukan nama-nama di luar partai yang akan dibidik untuk diusung pada Pilkada serentak mendatang. Partai sekarang masih fokus untuk persiapan Pemilu 2024. 

BACA JUGA: Klitih Muncul di Klaten! 2 Mobil Dilempari Batu, 1 Orang Terluka

"Target kita tentu hattrick (menang Pemilu ketiga kalinya). Sekarang masih fokus Pemilu dulu," katanya. 

Dalam Undang-Undang No. 10/2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota memang tertulis, partai politik atau gabungan parpol dapat mendaftarkan pasangan calon kepala daerah/wakil kepala daerah dengan syarat perolehan paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPRD atau 25 persen dari akumulasi perolehan suara sah dalam Pemilu anggota DPRD.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BMKG: Sebagian Besar Wilayah Indonesia Dilanda Hujan Hari Ini

News
| Rabu, 24 April 2024, 08:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement