Advertisement

Begini Perkembangan Pembebasan Lahan Tol Jogja Solo dan Jogja Bawen di DIY

Stefani Yulindriani Ria S. R
Rabu, 01 Maret 2023 - 06:27 WIB
Budi Cahyana
Begini Perkembangan Pembebasan Lahan Tol Jogja Solo dan Jogja Bawen di DIY Pengerjaan konstruksi jalan Tol Jogja-Bawen di wilayah Seyegan dan Tempel, Senin (19/9/2022). Pembebasan lahan Tol Jogja Bawen dan Jogja Solo terus diproses. - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pembebasan lahan Tol Jogja Solo dan Tol Jogja Bawen masih terus diproses. Pembebasan lahan Tol Jogja Solo baru sampai tahap pertama, adapun pembebasan lahan Tol Jogja Bawen sudah cukup signifikan.

Direktur Utama PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM) Suchandra Paganda Hutabarat mengatakan pembebasan lahan Tol Jogja Solo dibagi menjadi tiga tahap, sesuai tahap pembangunan tol. 

Advertisement

Hingga 24 Februari 2023, pembebasan lahan tahap pertama untuk Paket 1.1 mencapai 94,06%. Kemudian, paket 1.2 mencapai 74,73%. Sementara, pembebasan lahan tahap kedua dan ketiga masih dipersiapkan, termasuk penetapan lokasi proyek Tol Jogja Solo tahap kedua.

Suchandra menyampaikan dalam kajian lalu lintas, kendaraan yang melintas di tol sepanjang  96,57 kilometer ini diperkirakan mencapai 22.481 kendaraan/hari. PT JMM yang sebesar 12,03%, JMM sangat yakin bahwa jalan tol ini dapat memberikan banyak manfaat bagi masyarakat yang melintasinya. 

BACA JUGA: Tol Jogja Solo Beroperasi Penuh Tahun Depan, Ini Tarifnya

“Tidak hanya dapat mengefisiensikan waktu tempuh, Tol Jogja Solo juga dapat mengurai kepadatan lalu lintas di jalan nasional dan akan memberikan efek domino bagi pertumbuhan perekonomian di wilayah Jawa tengah dan DIY,” ucapnya, Selasa (28/2/2023).

Secara teknis, Tol Jogja Solo akan melalui sembilan simpang susun, 57 buah jembatan, 18 overpass, dan 11 underpass bridge dengan perkerasan kaku.

BACA JUGA: Daftar Jalan Tol dengan Nilai Pembebasan Lahan Termahal, Tol Jogja-Solo Fantastis!

Tahap pengerjaan Tol Jogja dibagi menjadi tiga tahap, tahap pertama sepanjang 49,95 kilometer, tahap kedua sepanjang 38,57 kilometer, dan tahap ketiga sepanjang 8,75 kilometer.

Di pihak lain, Direktur Utama PT Jasamarga Jogja Bawen (PT JJB) A.J. Dwi Winarsa mengatakan hingga Februari 2023, pembebasan lahan Tol Jogja Bawen di wilayah DIY mencapai 65%. Sisanya sebanyak 35% diperkirakan akan dibebaskan pada April atau Mei 2023.

“Paling lambat bulan Mei 2023, tanah di wilayah Jogja sudah bisa dibebaskan,” katanya, Selasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Petani Jateng Terima 10 Ribu Alsintan, Pj Gubernur Jateng Optimis Produksi Pangan Meningkat

News
| Selasa, 23 April 2024, 15:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement