Advertisement

Dinas Sosial Menampung Ratusan Remaja Bermasalah di DIY

Media Digital
Senin, 06 Maret 2023 - 21:17 WIB
Bhekti Suryani
Dinas Sosial Menampung Ratusan Remaja Bermasalah di DIY RBS membasuh kaki orang tuanya dalam prosesi pemulangan RBS, BPRSR Dinsos DIY, Senin (6/3/2023) - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA– Balai Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Remaja (BPRSR) Dinas Sosial (Dinsos) DIY menyelenggarakan pemulangan empat Remaja Bermasalah Sosial (RBS) Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) di Aula BPRSR Dinsos DIY, Senin (6/3/2023).

Kepala BPRSR Dinsos DIY Subakir menyampaikan Program Rekreasi Tetirah Sosial bagi RBS telah ada sejak Januari 2023. “Program ini kami namakan Program Rekreasi Tetirah Sosial, ini diperuntukkan untuk anak-anak yang kelebihan energi yang masih sekolah, jadi dia bisa mengikuti kegiatan Program Rekreasi Tetirah Sosial ini,” katanya, Senin.

Advertisement

Program tersebut diselenggarakan agar RBS dapat terampil, mandiri, berkualitas dan bertanggung jawab dalam menjalankan fungsi sosialnya dalam masyarakat.

Dia menyampaikan durasi pelaksanaan program tersebut berdasarkan kesepakatan antara BPRSR Dinsos DIY dengan sekolah. Untuk anak-anak yang dipulangkan pada Senin (6/3/2023) sebelumnya telah menjalankan Program Rekreasi Tetirah Sosial selama tiga minggu.

“Kegiatan ini tentunya upaya pencegahan terhadap perilaku kejahatan di jalan di jalan yang sekarang marak, dengan program ini harapan kami bisa mengurangi kejadian-kejadian yang sekarang luar biasa dan program ini baru kita laksanakan di Januari 2023,” ucapnya.

Bakir menyampaikan RBS tetap dapat melakukan proses belajar di pendidikan formal saat menjalani kegiatan di BPRSR Dinsos DIY. “Programnya anak-anak di sini mengikuti bimbingan sosial mental fisik. Ini tidak kita berikan bimbingan keterampilan, tapi harus sekolah. Guru memberikan modul yang digarap daring di sini,” katanya.

RBS tersebut juga diberikan program pendampingan secara mental, fisik, dan sosial. Ada pula penanaman kedisiplinan, bela negara, budi pekerti, dan penyuluhan hukum yang diberikan pada RBS. Selain itu, ada pula program pendampingan berbasis komunitas, yang dapat menjadi wadah untuk bertukar pikiran bagi RBS.

Hingga saat ini antusiasme dari beberapa sekolah di Kabupaten/kota di DIY untuk mengikuti kegiatan tersebut sangat tinggi. Dia pun berharap dengan kapasitas BPRSR Dinsos DIY yang kini dapat menerima 80 anak, diharapkan tahun depan dapat ditingkatkan kapasitasnya, sehingga lebih banyak anak yang dapat ditampung.

Hingga akhir Februari 2023, BPRSR telah melakukan pembinaan dan rehabilitasi kepada RBS program reguler maupun rekreasi tetirah sosial dan ABH sebanyak 110 anak. Pada akhir Februari 2023, BPRSR juga sedang melakukan pembinaan dan rehabilitasi sosial bagi 69 orang PPKS, yang terdiri dari 6 orang RBS rujukan desa/kalurahan dan Dinsos Kabupaten/kota DIY, kemudian ada 9 orang RBS program rekreasi tetirah sosial atau rujukan penitipan dari sekolah, dan 54 ABH dengan kasus kekerasan, senjata tajam, pencurian, penggelapan, perampasan, narkotika, dan pencabulan. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pakar Kesehatan Sarankan Vaksin Dengue untuk Perlindungan DBD

News
| Kamis, 23 Mei 2024, 12:27 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement