Advertisement

Warga Ketonggo Pleret Semangat Buat Jalan Kampung

Media Digital
Kamis, 16 Maret 2023 - 00:17 WIB
Budi Cahyana
Warga Ketonggo Pleret Semangat Buat Jalan Kampung Warga Dusun Ketonggo saat mempersiapkan jalan kampung yang akan mulai dicor blok pada 20 Maret mendatang secara serentak. - Harian Jogja

Advertisement

BANTUL—Warga Dusun Ketonggo, Kalurahan Wonokromo, Kapanewon Pleret, Bantul menyambut baik adanya program padat karya infrastruktur pembangunan jalan cor blok di dusun setempat.

Ada empat ruas jalan yang diperbaiki di Dusun Ketonggo. Dua adalah perbaikan jalan lama yang rusak bertahun-tahun dan dua lainnya adalah jalan baru di RT05 dan RT 03.

Advertisement

“Kalau di RT 03 jalan ada dua jalan yang diperbaiki lewat program padat karya tahun ini. Satu pembuatan jalan baru sepanjang 70 meter dan satu lagi perbaikan jalan rusak sepanjang 80 meter,” kata Ketua RT05 Dusun Ketonggo, Wawan Rajianto, Rabu (15/3/2023).

Wawan mengatakan jalan di belakang SD Jejeran tersebut rusak sejak lama. Bahkan sudah sejak tiga tahun lalu warga mengajukan  perbaikan. Warga akhirnya mengajukan lewat salah satu anggota DPRD DIY dan akhirnya jalan diperbaiki melalui program padat karya.

Ketua RT 05 Dusun Ketonggo, Marwandi mengatakan satu dari dua ruas jalan yang akan diperbaiki 20 Maret nanti adalah pembuatan jalan baru. Jalan tersebut merupakan jalan tembus menuju Dusun Jati, Kalurahan Wonokromo. Selain itu juga merupakan jalan menuju permakaman umum.

Selama ini jika warga hendak menuju permakaman atau menuju Dusun Jati hanya bisa dilalui jalan kaki atau bisa memutar cukup jauh. “Nanti setelah dibangun jalan kalau menuju ke Dusun Jati atau ke makam jadi lancar,” ucapnya.

Lurah Wonokromo, Machrus Hanafi, mengatakan tahun ini di wilayahnya ada tiga dusun yang mendapat program padat karya infrastruktur, yakni di Dusun Ketonggo dan Demangan. Ia mengapresiasi adanya program tersebut karena bisa memperbaiki jalan yang rusak.

Selain itu program padat karya juga bisa menyerap tenaga kerja terutama warga yang tidak memiliki pekerjaan tetap atau warga yang kurang mampu. “Jadi yang mengerjakan proyek jalan nanti semuanya warga. Sehingga warga mendapat pendapatan,” ujarnya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Bantul Istirul Widilastuti meminta semua kelompok warga masyarakat yang mendapatkan proyek padat karya infrastruktur tahun ini agar mempekerjakan warga miskin dan warga yang tidak memiliki pekerjaan. Sebab program padat karya digulirkan untuk pemberdayaan masyarakat.

Istirul mengaku jawatannya sudah mendapatkan data warga miskin dari Kementerian Sosial di setiap perdukuhan di Bantul. Data warga miskin tersebut diserahkan ke masing-masing ketua kelompok di tiap titik padat karya. Harapannya data warga miskin tersebut diperioritaskan untuk menjadi pekerja dalam proyek padat karya.

“Kalau misalnya warga miskin di lokasi padat karya tidak bisa diakomodir sebagai pekerja, ketua kelompok harus memberikan alasannya kenapa,” katanya. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PLN Berhasil Kawal Gelaran Laga Final Four Proliga Putaran Kedua Semarang dengan Pasokan Listrik Andal

News
| Senin, 15 Juli 2024, 11:17 WIB

Advertisement

alt

6 Destinasi Wisata Alam yang Wajib Dikunjungi di Bogor

Wisata
| Minggu, 14 Juli 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement