Advertisement

Buka Puasa Pengin Menu Mangut Lele nan Gurih? Ini Rekomendasi Tempatnya...

Sirojul Khafid
Minggu, 26 Maret 2023 - 15:47 WIB
Arief Junianto
Buka Puasa Pengin Menu Mangut Lele nan Gurih? Ini Rekomendasi Tempatnya... Ilustrasi. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebagai lauk “sejuta umat”, lele kian menjadi idola masyarakat. Ikan bersungut dan berkepala keras ini kerap diolah menjadi berbagai menu, mulai dari digoreng dan dibakar, hingga dimasak dengan kuah mangut.

Mangut lele yang berbahan lele asap ini menawarkan aroma sangit yang khas dan menggugah selera.

Advertisement

Sebagai daerah yang menjadikan mangut lele sebagai menu khas, jelas tak sulit mencari menu yang satu ini. Dilansir dari beberapa sumber, berikut rekomendasi kedai menu kuah mangut di Jogja:

Mangut Lele Mbah Marto

Mangut Lele Mbah Marto./Instagram jastip_by.zevoria

Sudah ada sejak 1960-an, umur usaha warung ini bisa jadi lebih tua dari usia Anda sekarang. Warung Mangut Lele Mbah Marto awalnya menjual dagangannya dengan berkeliling, menggunakan tenggok atau sejenis keranjang bambu.

Barulah pada 1989, penjualan beralih di rumahnya. Menu spesialnya mangut lele. Tetapi ada juga menu lain seperti gudeg, opor ayam, sambal goreng krecek, sampai garang asem.

Penasaran dengan kelezatannya? Langsung saja datang ke Dusun Ngireng-ireng, Panggungharjo, Sewon, Bantul, atau sekitar belakang kampus ISI Jogja.

Dengan harga sekitar Rp20.000, masyarakat sudah bisa menikmati masakan legendaris ini. datang saja pada jam operasional mulai 10.00 sampai 20.00 WIB. Warung Mangut Lele Mbah Marto buka setiap hari.

Mangut Lele Bu Is

Mangut Lele Bu Is./Instagram mangutlele_buis

Dengan rasa yang gurih dan sedikit pedas, nuansanya akan semakin komplet disandingkan dengan daun pepaya, timun, urap, hingga tempe goreng. Adapula variasi sambal berupa tumis cabai dan sambal petis.

Warung Mangut Lele Bu Is juga tergolong melegenda, sudah mulai berjualan sejak 1979. Cita rasa autentik ini yang berusaha mereka pertahankan hingga saat ini. Semua menu surga dunia ini cukup didapatkan dengan harga sekitar Rp20.000.

Anda bisa langsung bertandang ke Jalan Imogiri Barat No 12, Jetis, Bantul. Lokasi tepatnya ada di Utara lampu merah perempetan Jetis. Jam operasional dari 08.00 WIB hingga 20.00 WIB.

Mangut Lele Yu Temu

Mangut Lele Yu Temu./Instagram mosyakur

Makan mangut lele mungkin biasa, tetapi bagaimana jika memakannya sambil menikmati nuansa perdesaan?

Buktikan saja dengan datang ke Sembungan, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul. Di samping mangut lele, warung yang sudah berdiri sejak 1985 ini juga menyediakan pecel, soto, tempe, serta tahu bacem.

Jam operasionalnya dari pukul 08.00 sampai 15.00 WIB. Harganya bervariasi, mulai dari Rp10.000. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement