Advertisement

Bea Cukai Berikan Fasilitas Vooruitslag Hibah untuk Penanggulangan Erupsi Gunung Merapi

Media Digital
Selasa, 28 Maret 2023 - 19:57 WIB
Budi Cahyana
Bea Cukai Berikan Fasilitas Vooruitslag Hibah untuk Penanggulangan Erupsi Gunung Merapi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dalam hal ini Bea Cukai Yogyakarta ikut berperan dalam membantu bencana yang sedang terjadi dengan memberikan fasilitas vooruitslag, yaitu pengeluaran barang impor untuk dipakai dengan menggunakan jaminan. - Istimewa

Advertisement

JOGJA—Erupsi Gunung Merapi yang terjadi beberapa waktu belakangan ini mengakibatkan warga terdampak terpaksa mengungsi. Dampak lainnya pun mengikuti, antara lain kekurangan oksigen dan keterbatasan air bersih di wilayah Magelang, Jawa Tengah.

Hal itu membuat banyak pihak bersimpati. Humanity Matters Limited Singapore, salah satu lembaga internasional yang bergerak di bidang kemanusian, pun memberikan hibah kepada Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) yang juga bergerak di bidang kemanusian. Kedua pihak tersebut bekerjasama dalam menangani musibah yang ada di kabupaten Magelang Jawa Tengah.

Advertisement

Sebagai trade facilitator, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dalam hal ini Bea Cukai Yogyakarta ikut berperan dalam membantu bencana yang sedang terjadi dengan memberikan fasilitas vooruitslag, yaitu pengeluaran barang impor untuk dipakai dengan menggunakan jaminan. Fasilitas kepabeanan ini diberikan sesuai Peraturan Menteri Keuangan nomor PMK : 68/PMK.04/2012 tanggal 07 Mei 2012 tentang Pembebasan Bea Masuk dan/atau Cukai atas Impor Barang Kiriman Hadiah/Hibah untuk Kepentingan Penanggulangan Bencana Alam.

Petugas Bea Cukai Yogyakarta yang berada di YIA pun melayani dengan sigap dan optimal atas kedatangan hibah dari Singapura tersebut.

"Barang-barang hibah yang diberikan kepada MDMC antara lain Oxygen Concentrator dan Water Treatment System. Atas impor untuk penanggulangan bencana ini, Bea Cukai memberikan kemudahan kepabeanan yaitu fasilitas vooruitslag," jelas Sutopo selaku PBC Ahli Pertama Bea Cukai Yogyakarta. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Alihkan Kuota Haji Reguler ke Furoda, Kemenag Disebut Sembrono

News
| Kamis, 20 Juni 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja, Pasar Beringharjo Gudangnya Makanan Legendaris

Wisata
| Selasa, 18 Juni 2024, 17:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement