Advertisement

Mudik Lebaran Jogja Jakarta, Ini Pilihan Sleeper Bus dan Tarifnya

Newswire
Minggu, 02 April 2023 - 19:27 WIB
Bhekti Suryani
Mudik Lebaran Jogja Jakarta, Ini Pilihan Sleeper Bus dan Tarifnya Sejumlah penumpang bersiap menaiki bus di Terminal Jombor, Jumat (6/5/2022). - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Perjalanan darat berjam-jam paling enak dilalui dengan memilih transportasi yang tepat.

Berbagai moda transportasi menjadi pilihan pemudik saat hendak pulang kampung di momen libur Lebaran 2023 nanti. Dari sekian banyak pilihan, salah satu layanan moda transportasi yang bisa jadi opsi pemudik terutama yang menggunakan bus untuk menempuh rute Jogja ke Jakarta atau sebaliknya adalah sleeper bus.

Advertisement

Sleeper bus sebenarnya bukan moda transportasi yang baru di Indonesia. Sleeper bus ini sudah mulai eksis di jalanan Indonesia sejak tahun 2016 silam. Kala itu, PO Brilian menjadi PO pertama yang menghadirkan sleeper bus dengan rute Jakarta menuju Purwokerto dan Purbalingga.

Diolah dari berbagai sumber, sleeper bus merupakan sebuah bus yang dimodifikasi sedemikian rupa dengan menyediakan kasur untuk penumpang yang bisa digunakan untuk duduk maupun tidur. Sleeper bus bisa dikatakan sebagai bus dengan kelas tertinggi karena menyediakan konfigurasi kursi 1-1 dengan kursi yang bisa direbahkan dengan kabin privasi tersendiri.

Kabin bus sleeper ini juga dibuat mirip dengan kabin pesawat, memiliki seat atau tempat tidur yang berasal dari kursi penumpang dengan sandaran kaki panjang serta sandaran punggung yang bisaa direbahkan hingga 150 derajat.

Sleeper bus juga menyediakan fasilitas yang memanjakan penumpang, seperti media hiburan sehingga penumpang bisa merasakan posisi duduk dan tiduran seperti di kamar sendiri.

Tak heran jika akhirnya banyak penumpang bus dengan rute jarak jauh seperi Jogja Jakarta yang memburu sleeper bus. Selain nyaman, penumpang pun dijamin tidak akan bosan saat menghabiskan waktu cukup lama selama perjalanan.

Mewah
Saat ini pun ada banyak sleeper bus yang beredar di Indonesia termasuk untuk melayani relasi Jakarta menuju Jogja maupun sebaliknya. Dilansir dari berbagai sumber, sudah ada sejumlah PO yang menyediakan bus dengan relasi Jogja Jakarta dengan kategori mewah seperti sleeper bus seperti PO Murni Jaya, PO Sinar Jaya, PO Safari Dharma Raya, dan PO Rosalia Indah.

Kendati demikian, tiket yang dibanderol untuk bus Jogja Jakarta jenis sleeper ini tergolong tinggi yakni antara Rp375.000-Rp450.000 per orang sekali jalan. Kendati demikian, tarif tinggi itu sebanding dengan fasilitas yang ditawarkan seperti selimut, bantal, guling, layanan makanan, reclining seat 1-1, AC, LCD TV, free air mineal, hingga free wifi.

Diolah dari berbagai sumber,  salah satu PO yang melayani bus Jogja Jakarta sleeper adalah PO Sinar Jaya. PO ini menawarkan harga tiket Rp375.000 untuk suite class. Sedangkan jadwal keberangkatan bus ini dilakukan sekali dalam sehari yakni pada pukul 15.00 WIB dari Terminal Giwangan, Jogja.

Selain PO Sinar Jaya, perusahaan otobus lainnya yang menawarkan jasa bus dengan rute Jogja Jakarta dengan bus sleeper adalah PO Rosalia Indah. Bus sleeper PO Rosalia Indah dibenderol dengan harga tiket mencapai Rp450.000.

Selain PO Rosalia Indah dan Sinar Jaya, PO Handoyo, Unicorn Indorent dan Tividi juga menawarkan layanan bus sleeper rute Jogja Jakarta dengan harga tiket dibanderol mulai dari Rp220.000 hingga Rp450.000. Nah, berminat menggunakan bus sleeper atau first class untuk perjalanan jarak jauh?



 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement