Advertisement

Catat! Ini Tempat Ngabuburit Asyik dan Seru dengan Takjil Gratis

Tri Indah Lestari (ST22)
Senin, 03 April 2023 - 17:47 WIB
Sunartono
Catat! Ini Tempat Ngabuburit Asyik dan Seru dengan Takjil Gratis Takjil di Masjid Jogokariyan Mantrijeron Kota Jogja. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Ngabuburit berasal dari bahasa Sunda yang berarti kegiatan menunggu azan magrib atau menjelang waktu berbuka puasa selama Ramadan.

Tiap umat muslim punya caranya tersendiri untuk ngabuburit mulai dari sekedar jalan-jalan, mengikuti kajian atau tadarusan, bercengkrama dengan keluarga, teman, atau pasangan dan tentunya ada pula yang mencari takjil gratisan.

Advertisement

BACA JUGA : Ini Ragam Takjil untuk Buka Puasa di Seluruh Indonesia

Jogja sendiri punya lokasi ngabuburit yang asyik dan seru dan wajib kamu kunjungi, apalagi bagi kaum pencari takjil gratis. Dimana saja lokasinya? Simak rangkuman berikut ini.

1. Kampung Ramadan Jogokariyan

Tiap hari selama Ramadan kampung Jogokariyan yang lokasinya tak jauh dari Masjid Jogokariyan selalu dipadati manusia yang wira-wiri mencari takjil atau sekedar ngabuburit menikmati suasana ramai di bulan suci. Padatnya lokasi ini juga karena berdekatan dengan Pondok Pesantren Krapyak.

Selain ragam takjil yang bisa kamu temui, setiap harinya Masjid Jogokariyan menyediakan takjil gratis untuk masyarakat umum, tak usah khawatir kehabisan para relawan masjid telah menyiapkan sekitar lebih dari 3.000 piring.

Selama Ramadan Kampung Ramadan Jogokariyan buka mulai pukul 15.00-18.30 lokasi ngabuburit ini berada di Jl. Masjid Jogokariyan, Mantrijeron, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

2. Kampung Ramadan Kauman

Bosan keliling kawasan Malioboro, tak jauh pusat wisata Jogja ini ada Kampung Ramadan Kauman yang lokasinya dekat dengan Alun-Alun Utara dan Keraton.

Termasuk legendaris lokasi ngabuburit ini telah ada sejak sejak tahun 1973 dengan aneka macam takjil dengan kisaran harga yang terjangkau mulai dari Rp2.000 hingga Rp10.000an. Saat bertandang kesini kamu wajib menjajal kicak, salah satu takjil khas Jogja.  

BACA JUGA : Pemburu Takjil Merapat! Ada 3.000 Porsi Buka Puasa Setiap

Tak jauh dari lokasi ada Masjid Gedhe Kauman, disinilah kamu bisa mendapat takjil gratis untuk buka puasa, menariknya setiap hari Kamis ada menu spesial gulai kambing. Kampung Ramadan Kauman juga buka setiap hari pukul 14.00-18.00 WIB yang berlokasi di Jl Ahmad Dahlan, Gg. Pasar Tiban, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

3. Sunmor UGM

Usai vakum selama kurang lebih dua tahun sunmor atau sunday morning akibat pandemi, kawasan jajan yang dulunya buka setiap minggu pagi kini buka setiap sore hari di jalan Lembah UGM. Kamu bisa memilih menghabiskan waktu berkeliling mencari jajanan atau takjil yang tersebar di sepanjang jalan atau sekedar bercengkrama di Wisdom Park.

Mager mencari takjil atau tak punya rekan bercengkrama, kamu bisa ikut kajian dan dapat voucher takjil gratisan dari Masjid Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM). Lokasinya ada di Jl. Prof. DR. Drs Notonagoro, Karangmalang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

4. Masjid Agung Kotagede

Masjid Mataram Kotagede atau dikenal pula sebagai Masjid Agung Kotagede, sebuah masjid yang dibangun pada 1571-1601 saat masa pemerintahan Panembahan Senopati ada pula yang menyatakan bahwa masjid ini dibangun oleh Sri Sultan Hamengku Buwana I.

Lokasi masjid ini cocok untuk kamu yang ingin ngabuburit seraya menikmati keindahan kampung lawas dan sejarah yang ada di tiap sisinya. Selesai ngabuburit menjelajah kampung sekitar masjid kamu tinggal singgah di Masjid Agung menikmati takjil gratis.

BACA JUGA : Deretan Menu Takjil Ini Bisa Jadi Pilihan Anda untuk Berbuka

Berlokasi di sebelah selatan Pasar Kotagede atau tepatnya di Jl. Watu Gilang, Dusun Sayangan, Desa Jagalan, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul, Provinsi Yogyakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Jogjapolitan | 2 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Konflik Israel di Gaza, China Serukan Gencatan Senjata

News
| Selasa, 16 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement