Advertisement

Siap-Siap Pengangkutan Sampah Libur 3 Hari saat Lebaran

Catur Dwi Janati
Jum'at, 14 April 2023 - 21:27 WIB
Maya Herawati
Siap-Siap Pengangkutan Sampah Libur 3 Hari saat Lebaran Sejumlah armada pengangkut sampah lalu lalang di sekitar TPST Piyungan, Rabu (23/12/2020). Setelah ditutup warga beberapa hari terakhir, kini TPST Piyungan dibuka kembali. - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Layanan pengangkutan sampah bakal libur tiga hari selama masa Lebaran. Warga diminta untuk meminimalkan produksi sampah.
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sleman, Epiphana Kristiyani menerangkan bila pelayanan pengangkutan sampah akan libur selama tiga hari. Tindakan yang diambil ini pun juga akan melihat kondisi Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan. 
"Jadi untuk penanganan sampah ini bahwa kita akan meliburkan untuk penyapuan maupun pengangkutan sampah pada tanggal 21-23 April," katanya Jumat (14/4/2023).
Epi menjelaskan, DLH Sleman akan mulai kembali melayani pengangkutan sampah pada 24 April 2023. "Jadi kami hanya libur tiga hari, itu pun karena kami juga harus melihat [kondisi] TPST Piyungan," ujarnya. 
Karena petugas pengangkut sampah libur selama tiga hari, Epi mengimbau masyarakat untuk meminimalkan produksi sampah. Ia juga mendorong masyarakat untuk memilah sampah terlebih dahulu sebelum dibuang. Lebih-lebih sampah organik yang cepat membusuk karena nantinya kemungkinan baru akan diangkut petugas pada 24 April.
"Kalau bisa dipilah mana yang sampah organik atau sampah basah. Kemudian mana sampah yang anorganik," ujarnya 
Di sisi lain, selain hanya memilahnya saja, sebenarnya ada banyak cara untuk mengolah sampah organik secara mandiri. Salah satu caranya dibuat menjadi kompos. "Sementara kalau sampah anorganik dipisahkan sendiri sehingga nanti kita akan mudah pengelolanya," jelasnya. 
Lebih jauh Epi mengingatkan masyarakat saat berkegiatan harusnya sudah mengira-ngira apakah barang yang dibawa akan menimbulkan sampah atau tidak. Bila berpotensi menjadi sampah, bisa digunakan alternatif barang lain. 
"Sebaiknya kita bikin alternatif. Kalau memang mau menyediakan makanan ya jangan banyak yang bungkusannya itu dari plastik. Bisa digunakan daun pisang, daun jati," katanya.
Potong Rumput Gratis 
Sebelumnya, DLH Sleman memberikan layanan gratis kepada masyarakat yang membutuhkan jasa pemotongan rumput di lapangan lokasi Salat Idulfitri. "Biasanya kami mendapat permintaan untuk membantu lapangan-lapangan yang memang sampai saat ini rumputnya sudah tinggi sehingga perlu dirapikan, kami siap," tegasnya. 
Selain memangkas rumput lapangan yang bakal jadi lokasi Salat Id, DLH Sleman juga acap kali diminta menyiram lapangan yang kondisinya kering. Bagi masyarakat yang ingin meminta layanan pangkas rumput dan pemrograman lapangan, cukup menghubungi kontak DLH Sleman.
"Kami juga sering dimintai pertolongan karena biasanya beberapa lapangan itu biasanya kering, minta disiram, kami juga siap," ujarnya
Meski tak dipungut biaya, masyarakat diminta mengajukan permohonan layanan pangkas rumput paling lambat dua sampai tiga hari sebelum Salat Idulfitri. Kendati tidak dibatasi kuota setiap harinya, DLH Sleman akan berusaha memenuhi permintaan masyarakat yang membutuhkan layanan potong rumput ini. 
"Kalau untuk potong rumput [petugas] kami sekitar 30-50 orang. Sampaikan saja kepada kami, kami akan berusaha memenuhi. Ini beberapa sudah masuk, harapannya yang lain cepat masuk kalau memang ingin mendapatkan pelayanan potong rumput," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Raja Charles III Kembali Jalani Tugas Setelah Pengobatan Kanker

News
| Sabtu, 27 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement