Advertisement

Libur Lebaran, Ini Target Kunjungan Wisatawan ke Candi Prambanan

Abdul Hamied Razak
Selasa, 18 April 2023 - 07:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Libur Lebaran, Ini Target Kunjungan Wisatawan ke Candi Prambanan Sejumlah wisatawan menyaksikan keindahan Candi Prambanan, beberapa waktu lalu. Ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN— PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko menargetkan sebanyak 40.000 wisatawan per hari akan berkunjung ke Candi Prambanan selama libur Lebaran 2023.
Direktur Utama PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, Febrina Intan memperkirakan ada peningkatan kunjungan wisatawan pada libur Lebaran tahun ini ke Candi Prambanan. Hal itu dikarenakan pemerintah telah mencabut kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan diperkuat juga dengan ketetapan cuti bersama Nasional pada 19-25 April 2023. 
"Peningkatan kunjungan wisatawan  sekitar 40% dibandingkan tahun lalu di masa pandemi. Biasanya peningkatan kunjungan terjadi pada H+2 dan H+3. Antara 35.000-40.000 orang per hari," katanya, Senin (17/4/2023).
Dia mengatakan, tidak ada kenaikan harga tiket bagi masyarakat yang akan masuk kawasan Candi Prambanan. Tiket untuk masuk destinasi tersebut hanya Rp50.000 per orang. Meski demikian, ia mengatakan ada pembatasan bagi wisatawan yang akan naik ke fisik candi. "Kalau (harga) tiket tidak ada kenaikan. Tidak juga ada pembatasan masuk kecuali yang mau ke atas (bangunan) Candi," katanya.
Pembatasan naik ke bangunan candi juga diberlakukan di Candi Borobudur, Magelang. TWC, lanjutnya, dalam sehari hanya memperbolehkan sebanyak 1.200 orang wisatawan yang dapat naik ke atas Candi Borobudur. Waktunya juga hanya dibatasi per jam. 
"Sebagai pengelola destinasi wisata heritage, kami berkomitmen menghadirkan destinasi wisata yang representatif dan profesional bagi masyarakat Indonesia melalui spirit 'Heritage in Harmony'," kata Febrina.
Menurut dia, PT TWC sangat optimistis dalam menyambut masa liburan lebaran tahun ini dengan melakukan sejumlah persiapan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi wisatawan. Pihaknya menetapkan masa ramai Idulfitri 2023 pada periode 21 April sampai dengan 1 Mei 2023.
"Idulfitri adalah momentum untuk menciptakan kenangan, momentum untuk merayakan keragaman Indonesia dalam spirit toleransi dan 'inclusive', dimana semua orang boleh datang ke destinasi Taman Wisata Candi untuk merayakan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement