Advertisement

Hore, Polisi Perbolehkan Takbiran Keliling

Ujang Hasanudin
Rabu, 19 April 2023 - 11:27 WIB
Maya Herawati
Hore, Polisi Perbolehkan Takbiran Keliling Ilustrasi. - Antara/Paramayuda

Advertisement

Harianjoga.com BANTUL—Polres Bantul mempersilakan masyarakat untuk menggelar takbiran keliling untuk menyambut Hari Raya Idulitri 1444 Hijriah. Namun takbir keliling diarapkan cukup di lingkungan kapanewon untuk mengindari terjadinya kemacetan dan gangguan keamanan, ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Kapolres Bantul AKBP Ihsan mengatakan takbiran keliling diperbolehkan karena kasus Covid-19 sudah melandai dan sudah tidak ada lagi pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dari pemerintah. Bahkan pihaknya siap megawal dan mengamankan jalannya takbiran keliling supaya lancar.  

Advertisement

“Sekali lagi boleh menggelar takbiran keliling, kita mengamankan malah. Tetapi tetap kita imbau seyogyanya takbir cukup di wilayah masing masing. Misalnya dari Kapanewon Imogiri tetap di wilayah Imogiri, tidak perlu ke kota misalnya sampai Paseban,” katanya, Rabu (19/4/2023).

BACA JUGA: 3 Hal yang Bisa Kamu Lakukan dari Malioboro Hingga Alun-alun Sebelum dan Saat Lebaran

Takbir keliling cukup di wilayah kapanewon diakui Ihsan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti tawuran, pengeroyokan karena berbagai kelompok masyarakat bertemu di jalan sehingga menimbulkan kerawanan. Ihsan memprediksi takbiran keliling tahun ini akan lebih ramai dibanding sebelum-sebelumnya ketika Covid-19 masi mengganas.

Bahkan tahun ini kemungkinan akan ada dua kali malam takbiran. Karena itu pihaknya akan menerjunkan semua kekuatan Polres Bantul untuk mengamankan jalannya takbiran agar tidak menimbulkan gangguan Kamtibmas.

“Saat ini saja setelah subuhan sudah mulai banyak warga yang keluar bersama-sama. Ketika saya tanya mereka bilang dalam rangka gladi bersih takbir keliling komandan,” ucapnya.

Sekretaris Daera (Sekda) Bantul, Agus Budi Raharja memastikan sesuai hasil rapat koordinasi dengan Polres Bantul maka takbir keliling untuk tahun ini tidak ada larangan sama sekali. Pihaknya juga mempersilakan masyarakat untuk menggelar takbiran keliling dengan catatan tetap tertib di jalan.

“Silahkan masyarakat yang akan melaksanakan takbir keliling namun diharapkan takbir keliling hanya di wilayahnya masing-masing. Misalnya hanya di sekitar wilayah kepanewon dan diharapkan masyarakat tetap menjadi ketertiban saat menggelar takbir keliling,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Konflik Iran-Israel Bayangi Inflasi di Indonesia

News
| Senin, 15 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement