Advertisement

Demi Jaga Stok, Masyarakat Diminta Menyempatkan Diri untuk Donor Darah

Bernadheta Dian Saraswati
Jum'at, 21 April 2023 - 03:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Demi Jaga Stok, Masyarakat Diminta Menyempatkan Diri untuk Donor Darah Ilustrasi. - Everypixel

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Selama libur lebaran, masyarakat tetap bisa mendapatkan pelayanan darah 24 jam dari Palang Merah Indonesia (PMI) DIY. Sedangkan pelayanan donor darah mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 20.00 WIB di 5 Unit Donor Darah PMI Kabupaten dan Kota seluruh DIY.

“Stok darah selama Ramadan relatif tercukupi namun yang perlu diantisipasi adalah setelah lebaran minggu kedua. Biasanya pendonor darah menurun karena banyak yang mudik atau masih fokus silaturahmi," tutur ujar dr. Suryanto, Sp.PK (K) selaku Ketua Bidang Unit Donor Darah PMI DIY dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Kamis (20/4/2023). 

Advertisement

Untuk itu, katanya, PMI DIY tetap berharap dan mengimbau masyarakat khususnya pendonor darah sukarela untuk menyempatkan berdonor darah di sela-sela liburannya atau yang akan mudik mendonorkan darahnya terlebih dahulu. Apalagi bagi mereka yang sudah mendapatkan “notifikasi” dari PMI untuk berdonor darah kembali, bisa segera mengunjungi Unit Donor Darah PMI agar mereka yang membutuhkan tetap dapat mendapatkan pelayanan dengan baik.

Baca juga: Sah! Pemerintah Tetapkan Lebaran pada Sabtu 22 April 2023

Beberapa Unit Donor Darah memberikan tawaran menarik untuk pendonor darah yang berdonor darah selama Ramadan. Seperti di PMI Kabupaten Sleman memberikan doorprize menarik berupa lemari es, televisi, sepeda gunung, dan lainnya bagi pendonor darah yang mendonorkan darahnya mulai awal Ramadan sampai 15 Syawal dengan pengundian pada tanggal 20 Mei 2023.

Demikian halnya dengan UDD PMI Kabupaten Kulonprogo juga memberikan buah tangan berupa sembako untuk 64 orang pendonor darah pertama. PMI Kabupaten gunungkidul juga memberikan bingkisan sembako untuk pendonor yang berdonor darah di PMI Kabupaten Gunungkidul. Sementara Unit Donor Darah PMI Kabupaten Kota lainnya juga memberikan souvenir beragam untuk masyarakat yang mendonorkan darahnya.

“Doorprize adalah salah satu strategi PMI dalam menjaga agar stok darah tetap stabil dan tersedia untuk masyarakat yang membutuhkan selama bulan Ramadan, selain juga melaksanakan donor darah malam hari di masjid-masjid, pagi harinya di gereja-gereja, vihara atau tempat ibadah lainnya serta tetap mengirimkan pesan melalui media sosial WhatsApp kepada pendonor darah sukarela untuk mengingatkan waktu berdonor darah kembali”, pungkas dr. Suryanto.

Untuk membangun semangat persaudaraan serta kepedulian terhadap kemanusiaan, PMI membutuhkan jejaring yang luas, di antaranya dengan mengajak insan pers baik media cetak maupun elektronik untuk berperan serta mendiseminasikan dan mewartakan kegiatan-kegiatan kemanusiaan yang dilakukan PMI. Mari bersama menebar senyum untuk sesama dengan tiada henti berkarya untuk kemanusiaan.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Alasan Kepolisian Hentikan Penyidikan Kasus Aiman Witjaksono

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 15:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement