Advertisement

Ribuan Warga Muhammadiyah Ikuti Salat Id di Gumuk Pasir

Yosef Leon
Jum'at, 21 April 2023 - 09:47 WIB
Galih Eko Kurniawan
Ribuan Warga Muhammadiyah Ikuti Salat Id di Gumuk Pasir Ribuan warga Muhammadiyah mengikuti salat Id di Gumuk Pasir Bantul, Jumat (21/4/2023). - Harian Jogja - Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Ribuan warga mengikuti salat Id di Gumuk Pasir Bantul, Jumat (21/4/2023) pagi. Tradisi tahunan ini kembali diselenggarakan setelah situasi pandemi Covid-19 melandai.

Sejak pukul 06.00 WIB, warga Muhammadiyah berbondong-bondong datang ke lokasi itu. Salat Id kemudian dimulai pada pukul 07.00 WIB yang diimami dari Majelis Tarjih PP Muhammadiyah, Hamim Ilyas.

Advertisement

Sedikitnya 5.334 jemaah ikut serta dalam salat Id itu yang terdiri dari 2.724 jemaah putra dan 2.610 jemaah putri berbagai daerah. Salat Id di Gumuk Pasir seakan telah menjadi ikon setiap Lebaran berlangsung.

Dalam khotbahnya, Hamim Ilyas mengajak umat muslim untuk menjadi orang yang bertakwa di Lebaran ini. Orang yang paling bertakwa itu disebutnya merupakan orang yang membelanjakan hartanya sehingga dia menjadi bersih, tumbuh, berkembang, subur dan indah.

“Membelanjakan hartanya dalam rangka ketaatan kepada Tuhannya, untuk membersihkan dirinya sehingga dirinya tumbuh berkembang, subur dan indah,” ujarnya, Jumat.

Umat muslim juga diajak untuk membersihkan diri dari sifat kikir dan batil. Jika orang bisa membersihkan diri dari sifat itu maka dia bisa berorientasi pada sesuatu di luar dirinya, sehingga dia tidak memikirkan dirinya sendiri, tapi juga memikirkan orang lain.

Ketua Pimpinan Ranting Muhamadiyah Parangtritis Isyudi menyebut salat Id tersebut diselenggarakan oleh pihaknya dan terbuka bagi seluruh warga. Setiap tahun salat Id selalu diselenggarakan dan bertahan sampai saat ini.

Salah seorang pemudik dari Bekasi yang ikut serta dalam salat Id itu, Diah Kamilasasi, 23, mengaku pulang ke.kampung halaman merupakan rutinitas yang dilakukan keluarganya pada Lebaran.

Setiap tahun dirinya bersama keluarga selalu menunaikan salat Id di Gumuk Pasir. “Punya kesan sendiri kalau salat Id di sini [gumuk pasir], ramai dan beda sendiri karena di pasir. Itu yang bikin unik,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejagung Tetapkan 5 Tersangka Baru Kasus Korupsi Timah, Bos Maskapai Penerbangan Terlibat

News
| Sabtu, 27 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement