Advertisement

Malam Takbiran di Sleman Berlangsung Semarak

Catur Dwi Janati
Sabtu, 22 April 2023 - 14:07 WIB
Galih Eko Kurniawan
Malam Takbiran di Sleman Berlangsung Semarak Suasana takbir keliling di sejumlah wilayah di Sleman, Kamis (20/4/2023)- Harian Jogja - Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pelaksanaan malam takbiran di Sleman berlangsung semarak. Masyarakat dari beragam kalangan, melakukan pawai di sejumlah ruas jalan Sleman sembari mengumandangkan takbir menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Di ruas Jln. Palagan Tentara Pelajar sejumlah rombongan takbir keliling silih ganti lewat. Beberapa di antaranya berpapasan saat tengah semarak mengumandangkan takbir.

Advertisement

Salah satu rombongan takbir keliling yang melintas berasal dari Masjid Al-Hikmah Sumberan, Sariharjo, Ngaglik. Wakil Ketua Ramadan Al-Hikmah Sumberan, Rizky Bagaskara menerangkan setidaknya ada 150 orang mengikuti takbir keliling. Ratusan orang tersebut merupakan murid TPA dan remaja masjid.

Selain membuat maskot unik berupa bedug dan miniatur masjid, rombongan takbir keliling juga membawa puluhan lampion selama melakukan pawai. "Iya ada lampion untuk anak-anak TPA-nya," ujarnya, Kamis (20/4/2023).

Bergeser ke Masjid Istiqomah Kamdanen - Donokerto, Sariharjo perayaan malam takbir diikuti puluhan peserta dari beragam usia. Ketua Takdir Masjid Istiqomah Kamdanen - Donokerto, Marbakat menuturkan kurang lebih ada 80 santri yang berpartisipasi dalam takbiran kali ini. Puluhan santri tadi dibagi menjadi tiga regu untuk selanjutnya berlomba. Marbakat berharap adanya perayaan malam takbiran ini dapat membuat anak-anak meningkatkan ibadahnya.

Selanjutnya jika berlaih ke area Masjid Darojatul Ulya, pelaksanaan takbir keliling berjalan meriah. Pasalnya Pimpinan Muhammadiyah Ranting Tridadi menggelar Festival Takbir se-Tridadi. Tak tanggung-tanggung ratusan orang dari sembilan padukuhan di Tridadi mengikuti Festival Takbir ini.

Tidak hanya diikuti ratusan orang, sejumlah dusun menampilkan maskot berukuran jumbo yang harus dipangggul beberapa orang. Ada yang berbentuk kuda, masjid dan masih banyak lagi.

Selain beradu dalam kreatifitas maskot, para regu takbir keliling juga mengenakan kostum lunik dan menarik lengkap dengan pernak-pernik dan koreografinya. Sembilan rombongan takbir keliling merebutkan sejumlah hadiah. Ketua Pimpinan Muhammadiyah Ranting Tridadi, Sutrisno Iman Dimulyo menerangkan ada 10 juara yang bakal diperebutkan peserta takbir keliling. Beberapa kategori yang diperlombakan yakni kategori terkretif, terfavorit, terunik, terkompak, termeriah, tertertib, sebanyak dan tiga maskot terbaik.

Dari Masjid Darojatul Ulya, sembilan regu takbir keliling diberangkatkan mengitari sejumlah area Tridadi sebelum nantinya finis di titik keberangkatan. "Harapannya dengan adanya Festival Takbir ini untuk generasi Islam terutama di wilayah pimpinan ranting Tridadi lebih bagus lagi, lebih meningkat," ujarnya.

Selain itu lewat festival takbir yang digelar Sutrisno berharap energi para anak-anak dan remaja dapat tersalurkan ke kegiatan yang positif untuk mengisi malam takbiran. "Anak-anak muda ini tersalur dengan kegiatan-kegiatan takbir. Dengan festival ini dia mengeluarkan kreativitasnya," tegasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jadi Menteri Koordinator Infrastruktur, AHY Mengendalikan Lima Kementerian

News
| Senin, 21 Oktober 2024, 18:17 WIB

Advertisement

alt

Menengok Lagi Kisah Ribuan Prajurit Terakota Penjaga Makam Raja di Xian China

Wisata
| Kamis, 17 Oktober 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement