Advertisement

Musim Kemarau 2023 di DIY Berlangsung April-Oktober? Berikut Penjelasan BMKG

Abdul Hamied Razak
Kamis, 27 April 2023 - 10:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Musim Kemarau 2023 di DIY Berlangsung April-Oktober? Berikut Penjelasan BMKG Ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA— Fenomena La Nina pada Maret 2023 dalam kondisi netral dan diprediksi akan bertahan hingga semester pertama 2023. Sedangkan pada semester kedua, diprediksi akan beralih menjadi El Nino dengan peluang kejadian 50-60%.

Kondisi tersebut berdampak pada penentuan awal musim kemarau dan akhirnya untuk wilayah DIY. BMKG memperkirakan awal musim kemarau di DIY berlangsung sejak April hingha Oktober dengan puncak musim kemarau terjadi Juli-Agustus 2023.

Advertisement

Kepala Stasiun Klimatologi BMKG D.I Yogyakarta Reni Kraningtyas mengatakan fenomena Indian Ocean Dipole (IOD) saat ini berada pada kondisi netral dan diprediksi akan bertahan hingga akhir tahun 2023. "Anomali Suhu Muka Laut Perairan Indonesia (Sea Surface Temperature/SST) pada Maret hingga Mei 2023 didominasi kondisi normal yang kemudian akan beralih menuju anomali positif (hangat) pada Juni hingga Agustus 2023," jelasnya melalui rilis, Kamis (27/4/2023). 

Dijelaskan Reni, monsun Australia diprakirakan mulai memasuki wilayah Indonesia selatan ekuator pada Mei 2023 dengan intensitas relatif sama dengan pola normalnya. Posisi daerah pertemuan angin di sekitar ekuator (Inter Tropical Convergence Zone/ITCZ) sepanjang April hingga Juli 2023, sambungnya, diprediksi berada di sekitar ekuator hingga sebelah utara garis ekuator dengan posisi sesuai dengan normalnya.

Berdasarkan kondisi dinamika atmosfer-laut tersebut di atas, diprakirakan Awal Musim Kemarau 2023 DIY terjadi pada April dasarian II (meliputi sebagian kecil Kabupaten Sleman bagian barat, sebagian kecil Kabupaten Bantul bagian barat dan Kabupaten Kulonprogo bagian timur) dan April dasarian III (meliputi Kabupaten Kulonprogo bagian barat dan selatan).

Selanjutnya, Mei dasarian I (meliputi Kabupaten Kulonprogo bagian utara, sebagian besar Kabupaten Sleman serta sebagian besar Kabupaten Bantul dan Gunungkidul). "Dari 8 Zona Musim (ZOM) di DIY, 2 ZOM (25%) diprakirakan akan mulai memasuki musim kemarau pada April 2023 dan 6 ZOM (75%) pada Mei 2023," tandasnya.

Menurut Reni, jika dibandingkan dengan rata-ratanya, Awal Musim Kemarau 2023 di DIY bervariasi dari maju 1 dasarian, mundur 1 dasarian dan sama dengan rata-ratanya dengan perincian 2 ZOM (25%) maju, 3 ZOM (37.5%) mundur dan 3 ZOM (37.5%) sama dengan rata-ratanya. 

"Sifat Hujan Selama Musim Kemarau 2023 di DIY diprakirakan seluruhnya normal (N). Dan Puncak Musim Kemarau 2023 di DIY diprakirakan berlangsung antara Juli hingga Agustus 2023 dengan perincian 1 ZOM (12.5%) pada Juli 2023 dan 7 ZOM (87.5%) pada Agustus 2023," katanya.

Akhir Musim Kemarau 2023 di DIY diprakirakan berakhir pada Oktober dasarian I untuk Kabupaten Kulonprogo bagian Utara, Oktober dasarian II untuk Kabupaten Gunungkidul bagian tengah dan selatan, Oktober dasarian III wilayah Kota Jogja, seluruh Kabupaten Sleman dan Bantul, Kabupaten Kulonprogo kecuali Kapanewon Samigaluh dan Kalibawang serta Kabupaten Gunungkidul bagian utara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenag Luncurkan Alquran Terjemahan Bahasa Gayo

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement